Fitri pemilik warung Tupat Sayur Padang Risky yang menjadi salah satu warung anggota Pojok Swadaya Gojek. (Foto: KOMPAS)
Fitri pemilik warung Tupat Sayur Padang Risky yang menjadi salah satu warung anggota Pojok Swadaya Gojek. (Foto: KOMPAS)

Jakarta, MNEWS.co.id – Gojek terus meningkatkan kesejahteraan mitra drivernya, salah satunya dengan Pojok Swadaya yang menghadirkan ribuan warung. Warung ini menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari para driver mulai dari bahan kebutuhan pokok sampai sarapan. 

Hal tersebut juga tidak terlepas dari keberhasilan program Gojek Swadaya yang selama ini telah meringankan pengeluaran, membantu mitra merencanakan pengeluaran, serta memberikan perlindungan finansial bagi mitra dan keluarga. Dalam meningkatkan pencapaian ini, Gojek terus memperbanyak warung Pojok Swadaya demi menekan pengeluaran mitra Gojek dan membantu perekonomian pelaku UMKM Indonesia. 

Inovasi ini juga dilengkapi dengan pengintegrasian Fitur GoPay di aplikasi super-app mitra driver. Gede Manggala, VP of Operations Jabodetabek Gojek mengatakan, “Mitra driver adalah bagian penting dalam ekosistem Gojek. Hadirnya Pojok Swadaya dan pengintegrasian Fitur GoPay merupakan salah satu upaya kami untuk menjawab aspirasi dan menawarkan kemudahan bagi mitra driver melalui teknologi,” jelas Gede Manggala, VP of Operation Jabodetabek Gojek dilansir dari siaran pers.

Melalui Pojok Swadaya, Gojek menggandeng ribuan pelaku UMKM lokal mulai dari warung makan hingga toko kelontong untuk memberikan harga spesial khusus mitra driver Gojek. Harga spesial ini dapat dinikmati mitra driver Gojek langsung dari super-app mitra driver. “Dengan demikian, mitra bisa semakin berhemat dan dapat mengalokasikan pendapatannya untuk hal lain yang menunjang masa depannya dan keluarga,” tambah Gede. 

Pojok Swadaya berada di lokasi strategis di tempat mitra driver biasa beristirahat atau sedang menunggu pesanan dari konsumen. Saat ini sudah ada lebih dari 1.200 Pojok Swadaya di Indonesia dan akan terus bertambah untuk mendukung kesejahteraan mitra. 

Billy yang merupakan salah satu mitra driver Gojek mengungkapkan, “Gojek paling paham apa yang dibutuhkan oleh kami para mitranya. Sekarang saya dengan mudah dapat bertransaksi menggunakan aplikasi mitra di area saya biasanya nongkrong.” 

Pojok Swadaya juga mendukung perekonomian pelaku UMKM di Indonesia, salah satunya adalah Fitri yaitu merchant Pojok Swadaya – Tupat Sayur Padang Risky. Dirinya mengatakan bahwa sejak bergabung menjadi merchant Pojok Swadaya, warungnya semakin ramai oleh pembeli khususnya mitra driver Gojek. 

Selain mengembangkan Gojek Swadaya, Gojek juga menghadirkan berbagai pelatihan dan wadah pengembangan diri lewat Bengkel Belajar Mitra (BBM) yang dapat mendorong semangat berwirausaha. Sebagai satu-satunya pelatihan paling komprehensif di industri ride-hailing di Indonesia, ilmu yang mitra dapatkan dari BBM tidak hanya dapat meningkatkan taraf hidup, tetapi juga mengangkat kesejahteraan keluarga serta perekonomian lokal. 

Secara konsisten Gojek juga terus melakukan inovasi fitur dalam super-app mitra untuk memudahkan mitra driver dalam kegiatannya sehari-hari. Sebelum pengintegrasian fitur GoPay, Gojek telah mengembangkan fitur chat yang dapat membantu mitra driver menghemat pulsa serta fitur rekapitalusi pendapatan (income summary) agar mitra semakin mudah mengatur keuangan