Ilustrasi Selai Cokelat Hazelnut. (Foto: EPA)

Jakarta, MNEWS.co.id – Cokelat dan kacang hazelnut merupakan varian selai favorit banyak keluarga. Selain rasanya yang lezat, cokelat dan hazelnut juga dapat menenangkan pikiran dan juga mengurangi tingkat stres.

Baik cokelat maupun hazelnut biasanya dikonsumsi sebagai pemanis roti, buah-buahan, minuman kocok, smoothie, panekuk, dan juga es krim. Bagi sebagian orang, hidangan tersebut menjadi bagian dari sarapan penting. Bahkan, ada pula yang menjadikannya sebagai makanan penyelamat saat kelaparan pada tengah malam.

Ahli gizi, Pooja Makhija belum lama ini membagikan alternatif sehat untuk olesan Nutella yang “tidak terlalu sehat”. Dalam sebuah unggahan di Instagram, Pooja memberi tahu bahwa Nutella terbuat dari bahan-bahan seperti minyak sawit, lesitin kedelai, pengemulsi, dan gula dalam jumlah berlebihan yang diketahui menyebabkan peradangan dan masalah kesehatan lainnya. Oleh karenanya, Ia pun membuat resep selai cokelat hazelnut yang disebutnya sebagai “Nutella sehat”.

Makhija menamakannya “Nutella sehat” karena olesan tersebut mengandung bahan-bahan yang mudah didapat di dapur, lebih menyehatkan karena kaya akan nilai gizi, dan bebas dari pewarna sintetis, lemak tidak sehat, padatan, pengemulsi, atau pengawet. Berikut cara membuatnya, seperti dilansir laman The Indian Express.

Bahan-bahan:
1 cangkir hazelnut yang telah digoreng tanpa minyak
3 sdm bubuk kakao tanpa pemanis
6 buah kurma palm berukuran sedang
¾ cangkir susu almond
½ sdt ekstrak vanila
2 sdm minyak kelapa
2 sdm sirup maple
sejumput garam

Cara membuat:
Blender hazelnut sampai halus
Masukkan bahan-bahan lainnya
Blender semua bahan lalu aduk secara menyeluruh dalam sampai kehalusan yang diinginkan tercapai.