Marketplace Harus Mendatangi UMKM di Daerah Untuk Fasilitasi Program Ekspor

Rasti R | 19 Agustus 2019, 17:06 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id - Samsul Widodo selaku Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal Kemendes, menjelaskan bahwa marketplace harus ikut serta dalam mensukseskan program ekspor untuk para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).  "Marketplace harus jemput bola, datangi UMKM daerah tertinggal untuk ikut program ekspor," ucap  Samsul Widodo pada Kamis (16/8).

Samsul mengungkapkan bahwa program ekspor ini harus dijalankan agar dapat mengembangkan para UMKM yang berada di desa tertinggal, karena UMKM disana sangat kesulitan karena mahalnya biaya pengiriman. Contohnya untuk pengiriman di dalam negeri sangat mahal karena faktor jarak yang jauh sehingga membuat harga produk jual semakin meningkat.

Dirinya juga menambahkan bahwa dengan adanya marketplace yang memberikan fasilitas kepada UMKM yang berada di daerah tertinggal yaitu dari segi pengiriman, makan akan memberikan kemudahan serta menstabilkan harga dari produk para pelaku UMKM di daerah tersebut.

Pemerintah juga telah berencana untuk memberikan dana kepada desa-desa tertinggal yang berada di semua wilayah Indonesia yaitu sebesar Rp 400 triliun untuk jangka waktu lima tahun kedepan, program ini bertujuan untuk memajukan desa tertinggal serta meningkatkan produktivitas  produk UMKM.

Samsul juga mengatakan bahwa dana sebesar Rp 400 triliun kepada desa yang akan diberikan, maka dirinya berharap akan menjadi acuan untuk para market place guna membantu dalam pengembangan dana yang diberikan di setiap desa untuk pertumbuhan UMKM yang ada disana.

"Saat ini kami sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan untuk melakukan ekspor komoditi hasil laut di Konawe, Sulawesi Selatan," ujar Samsul. Dirinya berharap bahwa  dengan masuknya program ekspor produk Indonesia yang dijalankan oleh marketplace, dapat memajukan pengembangan UMKM setiap daerah atau desa yang belum terfasilitasi," ujar Samsul.

Hal ini sesuai dengan salah satu visi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai Digital Energy of Asia melalui program yang telah ada yaitu  ‘Ayo UMKM Jualan Online’.  Program ini  memiliki tujuan untuk memfasilitasi serta memberikan kesempatan pada UMKM di berbagai daerah agar siap untuk bersaing di pasar yang lebih luas.

Tentang Penulis
Rasti R
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar