Ilustrasi olahan Oatmeal. (Foto: Freepik)

Jakarta, MNEWS.co.id – Oatmeal bisa menjadi salah satu pilihan sehat untuk menu sahur. Kaya akan gizi, oatmeal mengandung vitamin, mineral, serat, protein, dan antioksidan yang membantu tubuh tetap berenergi mulai dari sahur hingga jelang berbuka puasa.

Oatmeal juga menjadi salah satu sumber karbohidrat kompleks yang baik. Oatmeal dapat memberikan rasa kenyang tanpa membuat tubuh terasa lemas. Dikutip dari Alodokter, berikut ini manfaat mengonsumsi oatmeal sebagai menu makan sahur.

Menurunkan berat badan

Oatmeal tak hanya sebagai menu sahur yang lezat dan sehat, tetapi juga mengenyangkan perut. Oatmeal diketahui dapat mengontrol tingkat rasa lapar dan meningkatkan produksi hormon kenyang berkat kandungan air dan beta-glucan (serat larut) yang tinggi di dalamnya.

Dengan manfaat ini, mengonsumsi oatmeal akan menyebabkan penurunan asupan kalori, menurunkan berat badan, sekaligus menurunkan risiko obesitas.

Menjaga kesehatan pencernaan

Tak diragukan lagi, kandungan serat dan air pada oatmeal sangatlah melimpah, bahkan diketahui lebih baik dari kandungan serat pada buah-buahan dan sayuran.

Dengan kandungan serat yang tinggi, mengonsumsi oatmeal diketahui dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan dan mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti diare, sembelit, dan sindrom iritasi usus besar. Namun, manfaat oatmeal ini masih memerlukan lebih banyak penelitian.

Meski manfaat oatmeal ada banyak, beberapa orang mungkin tidak menyukai oat karena rasanya yang hambar. Untuk membuat oatmeal lebih enak dan bergizi, Anda bisa menambahkan kayu manis, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, atau yogurt.

Mempertahankan rasa kenyang

Manfaat sahur dengan oatmeal membuat Anda kenyang lebih lama. Apalagi oatmeal merupakan salah satu sajian praktis yang cocok untuk menu sahur. Hal ini berkaitan dengan kandungan serat beta glucan yang akan melepaskan hormon yang menyebabkan perut kenyang lebih lama.

Selain itu, oatmeal juga rendah kalori dan tinggi serat. Jadi makanan praktis satu ini sangat cocok untuk menyeimbangkan bobot tubuh selama bulan puasa.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Selain dapat menjaga berat badan, kandungan serat unik yang bernama beta-glucan pada oatmeal diketahui berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol total, terlebih bagi penderita hiperlipidemia.

Tak hanya itu, beberapa penelitian menyebutkan bahwa kandungan antioksidan avenanthramides dalam oatmeal baik untuk menurunkan tekanan darah sehingga dapat mencegah terjadinya hipertensi. Itulah sebabnya mengapa oatmeal dapat dimanfaatkan sebagai salah satu pilihan makanan sehat untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Manfaat sahur dengan oatmeal dipengaruhi oleh kandungan serat yang melimpah. Apalagi, oatmeal sangat praktis dan mudah disiapkan, sehingga tidak akan menghabiskan waktu saat sahur. Terutama jika Anda bangun hampir mendekati waktu imsak.