Lima Sektor Bisnis Paling Berprospek Menurut Apindo

Dewi Fadhilah Soemanagara | 11 April 2019, 14:19 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id – Ada lima sektor bisnis yang paling menjanjikan di masa depan menurut Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo). Kelima sektor bisnis tersebut disusun dalam sebuah peta jalan, yang diyakini memiliki prospek sekaligus tantangan dalam lima tahun ke depan.

Dilansir dari Republika, kelima sektor bisnis tersebut yaitu, industri manufaktur, pariwisata, pangan dan pertanian, energi, serta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Kita menyajikan matrik dan rekomendasi kebijakan untuk menjawab tantangan dunia usaha. Lima isu sektoral ini yang memiliki tantangan ke depan,” kata Shinta Widjaja Kamdani, Wakil Ketua Umum Apindo di Hotel Millenium Sirih Jakarta, Rabu (10/4/2019).

Shinta mengatakan, bagi Apindo, untuk mengembangan lima sektor tersebut di Indonesia bukan menjadi pekerjaan yang mudah. Dunia usaha membutuhkan pendampingan pemerintah dengan berbagai kebijakan konkret yang memudahkan pelaku usaha. Betapapun, dunia usaha tidak bisa berjalan sendiri.

Tak hanya itu, kebijakan yang dibutuhkan oleh dunia usaha harus bersifat matang dan berkelanjutan. Tak lupa, evaluasi menyeluruh saat kebijakan diimplementasikan. Tanpa aspek tersebut, dunia usaha sulit untuk membawa lima sektor tersebut menjadi penopang utama pertumuhan ekonomi Indonesia.

Lima sektor usaha tersebut, dikatakan Shinta, pun berkaitan erat dengan lintas sektoral. Di antaranya makro ekonomi, perbankan dan pembiayaan, perpajakan, birokrasi dan regulasi dunia usaha, serta tenaga kerja.

Apindo menggarisbawahi persoalan ketenagakerjaan di Indonesia. Sebab, menurut dia, hal itu berkaitan langsung dengan kualitas sumber daya manusia. Apalagi ketika Indonesia tengah memasuki era revolusi industri keempat yang berbasis digital.

“Salah satu pokok isu utama yang selalu digeluti Apindo adalah ketenagakerjaan, human capital jadi kunci bagi daya saing Indonesia,” tutupnya.

Sumber: Republika

Rep: Dedy Darmawan Nasutio

Red: Dwi Murdaningsih

 

Tentang Penulis
Dewi Fadhilah Soemanagara
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar