Ilustrasi industri otomotif lokal. (Foto: Berita Satu)

Jakarta, MNEWS.co.id – Industri otomotif Indonesia kembali tumbuh di tengah pandemi Covid-19. Sempat terpukul tahun lalu, penjualan mobil pada 2021 meningkat 10,54 persen dan penjualan motor naik 68 persen.

Ini memberikan peluang bagi para seller dan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang menjual produk otomotif untuk berkembang. Banyak pelaku usaha kecil di Indonesia yang menjual dan memproduksi produk otomotif dengan kualitas tak kalah baik dengan buatan luar.

Oleh karena itu, Lazada merangkul para seller dan UMKM lokal memasarkan produk dan memberikan servis berkualitas, baik untuk motor maupun mobil dengan harga terjangkau lewat marketplace.

“Seiring dengan meningkatnya penjualan motor dan mobil di Indonesia, kami melihat ada pertumbuhan pesat di kategori otomotif. Dari sisi penjualan meningkat tiga kali lipat, dan sisi traffic naik dua kali lipat selama setahun terakhir,” ujar Chief Customer Officer dan Head of GM Category Lazada, Ferry Kusnowo.

Ferry mengatakan Indonesia memiliki banyak penjual produk-produk otomotif yang potensial di berbagai daerah. Maka dari itu, pihaknya merangkuldalam Pojok Otomotif dengan tujuan agar konsumen bisa dengan mudah menjangkau, dan bagi para seller dapat memperluas jangkauan pasarnya.

Sementara itu, Manager Key Account Management Automotive Category Lazada Indonesia, Ricky Sanjaya menjelaskan perusahaan memiliki basis pasar luas di kawasan Asia Tenggara. Sebab itu, pihaknya mendorong pelaku usaha otomotif lokal mengekspor produknya ke luar negeri.

“Kami memiliki gudang yang cukup besar dapat digunakan para seller menyimpan produk untuk pasar ekspor. Mereka dapat menjualnya ke pasar luar negeri melalui jaringan kami,” ujar Ricky.

Ia menyebutkan langkah tersebut sejalan dengan komitmen perusahaan mendukung seller lokal dengan mengembangkan industri otomotif Indonesia. Perusahaan berharap dapat memberikan kontribusi menstimulasi perekonomian nasional.