Layanan GoSend Naik 90 Persen Selama Pandemi
Ilustrasi GoSend.

Jakarta, MNEWS.co.id – Layanan logistik GoSend mengalami kenaikan hingga 90 persen selama pandemi. Hal tersebut diungkapkan oleh Head of Logistics Gojek Group, Junaidi.

“GoSend ini salah satu layanan yang pertama kali ada, selain GoRide, ketika Gojek diluncurkan sembilan tahun lalu. Selama perjalanannya GoSend mengalami kenaikan terus,” ucap Junaidi dalam konferensi pers virtual peluncuran GoSend Web Portal dan perluasan GoSend Intercity Delivery, Rabu (26/8/2020).

Junaidi mengatakan jika khusus di dalam masa pandemi ini, layanan GoSend mengalami kenaikan yang jauh signifikan hingga mencapai 90 persen.

Kenaikan yang terjadi selama Maret sampai Juli tersebut, menurut Junaidi, terjadi karena beberapa hal. Pertama, terjadinya perubahan konsumsi di masa pandemi.

“Dari sebelumnya orang ke mall atau ke pasar, konsumsinya berubah menjadi konsumsi yang sifatnya kebutuhan primer, bahan makanan, makanan siap saji, peralatan di rumah tangga, hiburan,” ujarnya.

Kedua, dengan adanya inisiatif untuk memutus penyebaran virus Corona, di mana orang harus di rumah saja, hal ini juga mendorong orang untuk memesan barang secara daring.

“Dan, kemudian menggunakan GoSend sebagai layanan untuk melakukan delivery,” sambung Junaidi.

Lebih lanjut, Junaidi mengungkapkan barang kategori makanan dan minuman mendominasi kenaikan tersebut. Berikutnya, barang kiriman berupa pakaian atau tekstil dan juga beberapa hal yang lain.

Lebih dari itu, survei yang digelar Gojek bersama Lembaga pihak ketiga menunjukkan bahwa teknologi Gojek dirasakan manfaatnya oleh 94 persen social seller (mereka yang berjualan melalui media sosial), dengan 77 persen layanan logistik paling banyak dirasakan manfaatnya.

“Karena layanan logistik ini memudahkan mereka berusaha tanpa ribet logistiknya seperti apa. Bagi kami ini sangat membanggakan, dan bagi kami ini juga memacu kami untuk terus memikirkan inovasi seperti apa ke depannya untuk terus membantu usaha mikro,” ujar Junaidi.

Untuk semakin mempermudah para pengguna dalam pengiriman barang, Gojek memperluas jangkauan layanan pengiriman antarkota GoSend Intercity Delivery dan meluncurkan pemesanan GoSend Web Portal.

Kedua inovasi dalam logistik tersebut diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM dalam mengembangkan pasar dan meningkatkan skala bisnis, terutama dalam masa adaptasi kebiasaan baru saat ini.