Ilustrasi Tempat Usaha. (Foto: Unsplash/Roman Kraft)
Ilustrasi Tempat Usaha. (Foto: Unsplash/Roman Kraft)

Jakarta, MNEWS.co.id – Pasien COVID-19 akibat terjangkit virus Corona di Indonesia terus bertambah. Kondisi ini membuat seluruh masyarakat untuk tetap waspada. Setiap individu memiliki tanggung jawab terhadap orang lain, dengan tidak ikut menyebarkan virus Corona. 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, lansia atau orang dengan usia lanjut dengan kondisi medis tertentu yang sudah ada sebelumnya dapat dengan mudah terinfeksi oleh virus Corona karena kekebalan mereka lebih rendah.

Saat ini para pelaku usaha tengah berupaya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk menekan wabah COVID-19. Untuk mengurangi dampak serta kerugian, dilansir dari Moka blog berikut ini beberapa cara untuk mencegah agar virus Corona tidak menyebar;

Selalu Utamakan Kebersihan dan Menjaga Kesehatan

Mencuci tangan dengan sabun dan air menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam mencegah penyebaran COVID-19. Apabila tidak ada sabun cuci tangan di dekat Anda, tak masalah bila menggunakan hand sanitizer

Gunakan Etika Saat Bersin Dengan Benar

Saat bersin, Anda bisa menggunakan siku bagian dalam ataupun tisu yang kemudian langsung dibuang. Setelahnya jangan lupa untuk cuci tangan, selain itu jangan  menyentuh mata, hidung, dan mulut karena ini merupakan celah virus untuk masuk ke dalam tubuh.

Melakukan sterilisasi untuk lokasi usaha

Jika Anda memiliki tempat usaha seperti restoran, kedai, atau outlet offline, siapkanlah hand sanitizer agar bisa digunakan oleh karyawan serta pelanggan. Selanjutnya jagalah kebersihan lingkungan mulai dari  ruangan, meja, lantai, tablet dan mesin kasir, pintu dan gagangnya, toilet, atau apa pun itu yang sering disentuh, dengan menggunakan desinfektan guna membunuh kuman yang masih hinggap.

Gunakan Pembayaran Online

Uang tunai merupakan salah satu media yang bisa menjadi tempat penularan virus. Menurut WHO penggunaan uang tunai yang sering berpindah tangan, menjadi tempat berkumpulnya bakteri dan virus. 

Oleh karena itu, Anda bisa menghimbau pembeli untuk  menggunakan mobile payment agar bisa mengurangi penyebaran COVID-19

Pertimbangkan Mengenai work from home

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menerapkan agar karyawan bekerja dari rumah. Hal ini sangat baik dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona yang lebih massive. Jika Anda menerapkan hal tersebut, maka pastikan pula para karyawan dapat bekerja dengan benar dan diselesaikan dengan baik.

Terapkan Pengiriman Secara Online 

Penerapan layanan jasa antar atau penjualan online, bisa menjadi salah satu langkah untuk menghindari keramaian atau tempat publik demi meminimalisir kemungkinan tertularnya virus corona.

Hindari Keramaian

Untuk tetap berkomunikasi dengan klien, partner, dan lainnya Anda bisa memanfaatkan berbagai teknologi agar bisa melakukan meeting secara online. Anda bisa memanfaatkan Group Video Call di WhatsApp, atau aplikasi Zoom dan Skype.

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi penyebaran COVID-19. Yuk tetap #dirumahaja dan tetap lakukan social distancing.