Ilustrasi Suasana Alun-Alun Kota Malang. (Foto: Dolandolen.com )
Ilustrasi Suasana Alun-Alun Kota Malang. (Foto: Dolandolen.com )

Malang, MNEWS.co.id – Kota Malang menambah satu lagi lokasi wisata dengan konsep yang berbeda yaitu sebuah destinasi wisata dengan mengusung Eduwisata Kampung Buah Bercahaya.

Eduwisata Kampung Buah Bercahaya berlokasi di Dukuh Baran, Kelurahan Buring, Kecamatan Kedungkandang. Eduwisata itu diawali dengan penanaman 10 ribu bibit buah pepaya oleh Wali Kota Malang Sutiaji, Minggu (12/1/20).

“Kawasan Dukuh Baran memiliki pemandangan yang indah dan sangat asri, sehingga sangat tepat jika ditata sebagai kawasan wisata ala perdesaan, apalagi wisata yang mengusung konsep perdesaan saat ini makin diminati masyarakat,” kata Sutiaji.

Dengan mengusung konsep perdesaan, Kota Malang akan memiliki Eduwisata Kampung Buah Bercahaya. Bukan hanya buah pepaya, di sana juga akan ditanam sederet buah-buahan lainnya. Pemandangan yang dihadirkan pun masih terasa alami dan asri, sehingga wisatawan bisa menikmati suasana di desa yang asri dan tenang.

Sutiaji menjelaskan Dukuh Baran sudah memiliki kelompok sadar wisata (pokdarwis). Nantinya, dinas terkait akan memberikan pendampingan terhadap Pokdarwis untuk mengelola kawasan yang ada sebagai tempat wisata.

Upaya menghidupkan Dukuh Baran sebagai kawasan wisata merupakan pilihan yang tepat. Sebab, selain meningkatkan pemberdayaan dan meningkatkan perekonomian, wisata berbasis pedesaan dan tanaman tersebut juga akan membantu upaya Pemkot Malang dalam melakukan penghijauan.

“Selain itu, tujuan yang ingin kami capai, salah satunya adalah menekan angka stunting. Setelah sebelumnya ada urban farming, sekarang ada upaya menanam puluhan ribu pohon pepaya. Ini akan bersinergi pada lingkungan hingga kualitas SDM,” kata Sutiaji.

Sutiaji berharap masyarakat mulai memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk penghijauan melalui program urban farming dengan menanam beberapa tanaman dan sayuran. Minimal untuk kebutuhan rumah tangga. Jika memiliki hasil besar, produk bisa dipasarkan lebih luas lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here