Kopi Kenangan menjadi perusahaan New Retail F&b Unicorn pertama di Asia Tenggara. (Foto: Instagram/Sandiuno)

Jakarta, MNEWS.co.id – Kopi Kenangan, startup jaringan makanan dan minuman (F&B) lokal, kini resmi menyandang status sebagai perusahaan unicorn.

Status tersebut diraih oleh perusahaan dengan konsep New Retail itu usai mendapatkan suntikan Pendanaan Seri C Tahap Pertama senilai $96 juta atau Rp1,3 triliun. Lewat pendanaan ini, valuasi Kopi Kenangan kini menembus $1 miliar atau setara dengan Rp 14,2 triliun. Sehingga menempatkan Kopi Kenangan sebagai perusahaan New Retail F&B unicorn pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.

Dikutip dari laman kopikenangan.com, Pendanaan Seri C dipimpin Tybourne Capital Management, diikuti sejumlah investor dari seri sebelumnya, seperti Horizons Ventures, Kunlun dan B Capital, serta investor baru yaitu Falcon Edge Capital.

Pendanaan diperoleh setelah Kopi Kenangan menetapkan posisinya sebagai brand dengan permintaan domestik yang tinggi, termasuk dari beberapa portofolio barunya, seperti brand roti bernama Cerita Roti, ayam goreng Chigo, soft-cookies Kenangan Manis, sekaligus menghadirkan berbagai inovasi baru seperti menu topping Sultan Boba.

Sepanjang tahun 2021, Kopi Kenangan telah menyajikan 40 juta cangkir kopi dalam 12 bulan terakhir dan diharapkan melayani 5,5 juta cangkir per bulan pada Q1 2022.

Pencapaian besar ini ikut dirasakan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno yang mengunggah foto ucapan Nasdaq melalui akun Instagram resminya. Ia mengaku bangga melihat produk karya anak bangsa dapat diakui secara global.

“Dari sejak didirikan, Kopi Kenangan telah berhasil menciptakan lapangan kerja bagi lebih dari 3.000 karyawan, dengan 600 gerai tersebar di 45 kota di Indonesia. Keren!” tulis Sandiaga dikutip dari akun instagram @sandiuno, Kamis (6/1/21).

Menurutnya, gerai kopi yang didirikan sejak 2017 ini telah berhasil menciptakan lapangan kerja bagi lebih 3.000 karyawan, dengan jumlah 600 gerai yang tersebar di 45 kota di Indonesia. Ia juga mengapresiasi tim dari Kopi Kenangan yang terus berinovasi menggunakan digitalisasi dalam mengembangkan usaha melalui penciptaan aplikasi.

Tidak hanya dukungan dari Menparekraf, Kopi Kenangan juga mendapatkan sambutan baik dari berbagai pihak, tak terkecuali bursa saham Amerika, Nasdaq. Nasdaq memberi sambutan sekaligus ucapan selamat lewat billboard Times Square, New York.