Ilustrasi Kopi. Foto: Unsplash
Ilustrasi Kopi. Foto: Unsplash

Jakarta, MNEWS.co.id – Saat ini kopi Indonesia sudah dikenal di Swedia, termasuk kopi Gayo. Kopi Gayo adalah salah satu kopi terfavorit di Swedia. Kualitas dan aroma kopi tersebut menjadikannya sebagai minuman resmi pada acara penganugerahan Nobel yang diselenggarakan setiap tanggal 10 Desember. 

Melihat tingginya minat akan kopi Gayo, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Stockholm mengajak BEKRAF untuk berpartisipasi dan mempromosikan kopi Gayo asal Indonesia dalam ajang pameran kopi di Swedia pada Juni 2019. Hal itu disampaikan dalam keterangan tertulis dari KBRI Stockholm yang diterima di Jakarta, beberapa saat yang lalu.

“Swedia merupakan negara dengan tingkat konsumsi kopi yang cukup tinggi di dunia, yakni tercatat pada peringkat 6 sebagai negara dengan peminum kopi terbanyak di dunia. Oleh karena itu, saya percaya bahwa kopi Indonesia akan dengan mudah masuk ke pasar Swedia,” ujar Dubes Bagas dalam pertemuan dengan Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Bapak Ricky Joseph Pesik.

Dalam tanggapannya, Bapak Ricky menyatakan bahwa, “Ini adalah peluang bagus untuk kopi Indonesia yang terkenal, seperti Kopi Gayo untuk dikenal tidak hanya di kalangan coffee connoisseur, tapi juga di kalangan mainstream,  untuk semakin didengar dan dirasakan oleh masyarakat negara-negara di utara, seperti Swedia dan negara Skandinavia lainnya.”