Koperasi Singgalang Sari Maju Sumbang Nanas Bagi Tenaga Medis Covid-19. (Foto: Industry)

Jakarta, MNEWS.co.id – Kementerian Koperasi dan UKM mengapresiasi langkah koperasi binaannya, yaitu Koperasi Produsen Singgalang Sari Maju (PSSM), dalam memberikan bantuan berupa produk nanas segar jenis Smooth Cayene sebanyak 1,2 ton kepada tenaga medis dan relawan dalam penanggulangan wabah Covid-19.

Bantuan diserahkan Ketua Koperasi PSSM Efrizal di kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Sabtu (25/4/20).

“Saya mengapresiasi langkah mulia itu. Semoga bisa diikuti oleh koperasi-koperasi produsen lainnya dalam turut serta membantu penanganan wabah virus Covid-19,” kata Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM Victoria Simanungkalit.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Asdep Pertanian dan Perkebunan Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Dewi Sarlen. Setelah diterima BNPB, Nenas didrop di dapur umum RS Khusus Corona di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

Menurut Efrizal, koperasi yang berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat itu memang selama ini membudidayakan Nenas jenis Smooth Cayene yang merupakan Nenas khas asal Subang.

“Nenas itu sebagai tambahan asupan gizi dari buah segar. Selain itu, nanas banyak mengandung vitamin C bagus buat daya tahan tubuh,” katanya.

Menurut Efrizal, ide pemberian bantuan itu datang dari keinginan para petani nanas anggota koperasi untuk berkontribusi dalam penanganan Covid-19.

“Kita menyumbangkan nanas melalui BNPB dengan perantara Kemenkop dan UKM. Nantinya, akan disebar kepada para tenaga medis dan relawan,” kata Efrizal.