Konsistensi Bhinneka Kembangkan Strategi Omnichannel

Regina Mone | 09 Januari 2019, 12:11 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id - Bhinneka, yang terkenal sebagai e-commerce dan toko fisik produk-produk elektronik akan terus mengembangkan layanan omnichannel mereka, salah satunya dengan membuka toko baru.

"Target kami, lima (toko) lagi," kata CEO Bhinneka, Hendrik Tio, kepada media di Jakarta, Selasa (8/1/2019). Meski tak menyebutkan detail kelima toko fisik yang akan dibangun, Hendrik menyebutkan toko akan dibuka di Bandung, Yogyakarta, dan Jakarta.

Omnichannel adalah model bisnis lintas channel yang mengutamakan pengalaman pelanggan mereka. Pelanggan dari perusahaan yang mempraktikkan Omnichannel dapat berbelanja dengan menggunakan berbagai channel sekaligus baik online maupun offline

Bhinneka sudah sejak lama memakai konsep omnichannel dengan membuka situs Bhinneka.com di tahun 1999 disusul dengan toko fisik pertama mereka pada 2001.

Bhinneka melihat kebutuhan konsumen saat itu yang tidak memiliki pengalaman berbelanja lewat internet sehingga tingkat kepercayaan sangat kurang. Melalui toko, konsumen dapat melihat langsung barang yang ingin dibeli.

Ketika online shopping mulai populer pada medio 2011, Bhinneka masih melihat kebutuhan konsumen untuk datang langsung ke toko ketika ingin membeli barang.

Kebiasaan konsumen berbelanja langsung ke toko fisik pun berubah. Umumnya mereka yang datang ke toko bisa dipastikan akan membeli barang karena sebelumnya mereka sudah mencari informasi di dunia maya.

Selain itu, toko fisik bagi Bhinneka juga berfungsi sebagai pemasaran dan untuk memajang barang.

Meskipun pertumbuhan belanja online lebih cepat dibandingkan belanja offline pada lini usaha mereka, Bhinneka masih melihat membuka toko offline ini sebagai jalur pemasaran yang menjanjikan.

"Bagi kami, tahun ini masih ingin buka karena masyarakat di kota-kota itu ingin kami hadir di sana," ujar Hendrik.

Salah satu permintaan toko yang cukup tinggi berasal dari Jakarta dan sekitarnya sehingga walaupun saat ini sudah ada toko, Bhinneka masih ingin menambah toko offline.

Rencana Bhinneka untuk layanan omnichannel ini, mereka ingin mengembangkan interaksi multichannel yang tidak terputus, misalnya merekomendasikan toko fisik terdekat setelah konsumen mengunjungi atau bertransaksi di situs mereka.

Tentang Penulis
Regina Mone
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar