Konsep AIDA dalam Kemasan Untuk Memaksimalkan Penjualan

Dewi Fadhilah Soemanagara | 23 Mei 2019, 14:16 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id – Ada banyak cara memaksimalkan penjualan, salah satunya menerapkan konsep AIDA dalam mendesain kemasan produk UMKM. Sheli Hadiyati dari Rumah Kreatif Bekasi menuturkan, AIDA tergolong cukup efektif diterapkan dalam dunia marketing, khususnya bagi UMKM.

“AIDA adalah Attention, Interest, Desire, dan Action,” ujar Sheli membuka materi tentang penjualan UMKM di Press Room Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Didampingi dengan rekannya, Syarif Usman, Sheli menjelaskan apa itu AIDA dan mengapa konsep tersebut menjadi penting diterapkan oleh pelaku UMKM khususnya di bidang kemasan (packaging) produk yang selama ini dinilai tidak begitu menarik.

“Kemasan yang digunakan harus bisa menarik perhatian. Setelah menarik perhatian, gimana caranya customer jadi interest. Ini konsep dasar penjualan. Mindset kita harus seperti itu. Kalau misalkan ada yang gagal, berarti ada yang salah dari konsep AIDA kita,” tandas Sheli.

Syarif pun berpikir demikian. Selama ini, pelaku UMKM yang ditemuinya sudah cukup berpuas diri dengan kemasan yang sangat sederhana menggunakan stiker.

“Selama ini saya ke 10 kota, kendalanya sama. UMKM rata-rata puas dengan kemasan plastik biasa yang menggunakan stiker. Kalau belum mau move on ke kemasan yang lebih baik, setidaknya stickernya diperbaiki sehingga lebih menarik. Di program bedah kemasan, teman-teman UMKM bisa minta desain baru secara cuma-cuma,” pungkas Syarif.

Selain melayani desain kemasan bagi pelaku UMKM, Sheli dan Syarif pun berbagi tips AIDA supaya produk UMKM lebih menarik. Pertama, untuk bisa menarik perhatian (attention), gunakan warna-warna cerah yang bisa mencuri perhatian dari jarak jauh. Cara ini dianggap efektif agar orang tertarik untuk mengamati produk yang kita tawarkan.

Selain aspek warna, aspek huruf (font) yang digunakan juga harus semenarik mungkin. Gunakan gambar dan desain grafis yang tidak hanya menarik pembeli, tetapi juga informatif dan relevan dengan informasi produk yang ingin ditampilkan.

Ketika suatu produk sudah memenuhi aspek-aspek yang membuat orang tertarik, maka dengan sendirinya akan timbul keinginan untuk membeli, dan konsumen akan take action untuk melakukan transaksi. Dengan catatan, pelaku UMKM tersebut juga harus ramah dan memberikan semua informasi yang diperlukan oleh calon konsumen. Sebab, desain kemasan yang menarik saja tidak akan cukup mewujudkan konsep AIDA.  

Tentang Penulis
Dewi Fadhilah Soemanagara
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar