Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Direktur Eksekutif Kepala Grup Inovasi Keuangan Digital OJK.  (Foto: Beritasatu)
Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Direktur Eksekutif Kepala Grup Inovasi Keuangan Digital OJK.  (Foto: Beritasatu)

Jakarta, MNEWS.co.id – Tokopedia melalui Mitra Tokopedia bekerja sama dengan Warung Pintar, OVO dan beberapa mitra strategis lainnya dengan mengadakan Festival Gerakan Warung Nasional (FGWN), yang dibuka oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, Teten Masduki, di Lapangan Banteng, Jakarta, Sabtu (14/12/19).

“Pemilik-pemilik warung adalah bagian dari pegiat UMKM yang berkontribusi lebih dari 60% terhadap ekonomi negara. Keberadaan mereka perlu kita apresiasi. Melalui pemanfaatan teknologi, para pejuang ekonomi ini diharapkan mampu beradaptasi dengan perkembangan era dan terus mengambil bagian dalam menyokong perekonomian Indonesia,” kata Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI.

Sementara William Tanuwijaya CEO dan Co-Founder Tokopedia, mengatakan, Festival Gerakan Warung Nasional merupakan puncak perayaan Gerakan Warung Nasional, sebuah gerakan dari Tokopedia bersama para mitra strategis untuk mengajak masyarakat mengembangkan ekosistem warung. 

William menambahkan bahwa pihaknya  berkomitmen menjembatani pelaku usaha tradisional, seperti pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya, dengan teknologi untuk mempermudah pelaku usaha mengembangkan usaha di era digital.

“Lewat gerakan ini, kami berharap seluruh profesi di Indonesia, salah satunya pemilik warung, dapat berevolusi menjadi ‘perusahaan teknologi’ lewat ekosistem Tokopedia, sehingga mereka dapat selalu relevan dengan perubahan zaman dan terus berperan dalam pemerataan dan pertumbuhan ekonomi nasional,” ungkapnya.

Sementara Agung Bezharie Hadinegoro selaku CEO dan Co-Founder Warung Pintar, mengatakan bahwa melalui Festival Gerakan Warung Nasional, pihaknya ingin mendukung komitmen para juragan warung yang ingin bertumbuh tanpa batas menggunakan sistem teknologi yang mudah dipakai dan dipahami.

FGWN merangkul berbagai UMKM serta komunitas warung, salah satunya seperti Sahabat Usaha Rakyat (SAHARA) hingga seniman-seniman muda untuk membuat karya kreatif bertemakan kehidupan warung. Kegiatan ini dilaksanakan pada 14-15 Desember 2019 di Lapangan Banteng, Jakarta. Di FGWN, masyarakat dari seluruh kalangan dapat menikmati berbagai kegiatan menarik dan experience booth seperti area Main-Main di Warung, Santai di Warung, Jajanan Warung, Museum Warung dan lainnya.

Demi mengajak dan menginspirasi masyarakat untuk bersama-sama mengembangkan ekosistem warung Indonesia, FGWN juga didukung oleh sejumlah mitra termasuk Bank Rakyat Indonesia (BRI), Caffino, Indosat Ooredoo dan Indofood.

Sejak dihadirkan pada November 2018 lalu, aplikasi Mitra Tokopedia ditujukan untuk mempermudah para pemilik warung, toko kelontong, dan usaha sejenis lainnya dalam mengembangkan usahanya melalui pemanfaatan teknologi.

Aplikasi ini juga turut membantu menjembatani masyarakat Indonesia untuk menikmati pengalaman berbelanja online-to-offline (O2O) dengan berjualan produk digital seperti pulsa dan menerima berbagai macam pembayaran mulai dari listrik, voucher game hingga BPJS, serta membeli stok barang lewat fitur Grosir.