Jakarta, MNEWS.co.id – Grab Indonesia melalui GrabFood resmi mengumumkan kerja samanya dengan Qasir, startup yang mengembangkan platform POS (Point of Sales).
Kerja sama tersebut memungkinkan pelaku usaha yang bergerak di bidang makanan dan minuman (F&B) untuk menikmati keuntungan otomasi pencatatan transaksi langsung ke sistem POS aplikasi Qasir.
Fitur kerja sama Grab dan Qasir ini dapat digunakan oleh merchant kasir dengan biaya berlangganan yang lebih terjangkau.
“Untuk mendukung usahawan secara optimal di tengah pandemi, kami telah menyediakan layanan paket kerja sama usaha dengan GrabFood, di mana usahawan dapat langsung menyimpan data transaksi GrabFood-nya di sistem POS Qasir,” kata Michael Williem selaku CEO Qasir.
Bekerja sama dengan Grab ini dilatarbelakangi komitmen Qasir untuk mendampingi usahawan terutama di masa-masa sulit akibat pandemi. Oleh karena itu, fitur yang diberikan juga mengusung prinsip tepat guna dan terjangkau.
Jumlah pelaku usaha UMKM di dalam negeri yang sudah memanfaatkan platform online untuk mengembangkan bisnisnya masih perlu peningkatan signifikan. Saat ini hanya 13% UMKM yang sudah bertransformasi ke pemasaran digital.
“Sejak pandemi, platform digital yang tadinya hanya dinilai sebagai alat bantu alternatif untuk melakukan banyak hal dalam kehidupan sehari-hari berubah menjadi suatu kebutuhan penting. Mereka yang belum terbiasa dengan teknologi digital pun seolah dipaksa keadaan untuk menggunakan teknologi jika ingin bertahan. Ini juga terjadi pada UMKM kita. Di mana penjualan online berbasis digital terbukti menyelamatkan mereka yang tidak bisa lagi berjualan secara offline,” tambahnya.
Peningkatan angka korban pandemi serta pembatasan mobilisasi sosial di berbagai daerah, nyatanya turut memberikan dampak bagi ekonomi UMKM, termasuk para usahawan Qasir.
Qasir menawarkan layanan Website Usaha yang ditujukan bagi pengguna untuk memasarkan produk-produknya lewat website dengan biaya langganan kurang dari Rp200.000 per tahunnya. Pengguna hanya perlu memasukkan data usaha, sedangkan katalog produk sudah tersinkronisasi secara otomatis dari aplikasi Qasir.
“Salah satu manfaat yang paling dirasakan oleh merchant ialah mereka dapat lebih mudah untuk mempromosikan produknya secara online dan membuat multi-channel transactions sehingga dapat merasakan pengalaman jualan online yang mulus dan akhirnya berdampak pada kenaikan penjualan merchant itu sendiri,” ungkapnya.