Ilustrasi Pelaku UMKM. (Foto: ANTARA)

Jakarta, MNEWS.co.id – Gojek dan Unilever berkolaborasi mendukung usaha mikro seperti warung kelontong dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi. Operasional usaha bisa ditingkatkan dengan pemanfaatan layanan bisnis secara online.

GoToko adalah platform digital B2B yang menghubungkan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia dengan perusahaan barang konsumen. Kerja sama ini memungkinkan pelaku UMKM untuk menggunakan GoToko dalam mengakses rangkaian produk kebutuhan sehari-hari secara lengkap dari berbagai merek, termasuk Unilever, dengan harga bersaing dan biaya pengiriman yang terjangkau.

Co-CEO Gojek Group Andre Soelistyo mengatakan bahwa dalam kolaborasi ini pihaknya memperkuat layanan bisnis ke bisnis GoToko yang menghubungkan para pelaku usaha ritel tradisional dengan perusahaan barang konsumen. Dengan fitur biaya pengiriman terjangkau, ditargetkan 2,5 juta pengecer di Indonesia bisa meningkat penghasilannya.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Unilever karena kami memiliki misi yang sama dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia yakni dengan memudahkan akses dalam memenuhi kebutuhan barang dan jasa,” kata Andre.

Andre memaparkan bahwa kerja pemilik warung kelontong dalam kategori kurang terlayani dan menghadapi sejumlah tantangan selama pandemi covid-19. Transformasi digital diharapkan bisa memperluas ragam penawaran produk, harga yang kompetitif dengan ritel modern, promosi, layanan pengiriman yang andal serta dan hemat biaya.

“Para peritel tradisional seperti warung kelontong di Indonesia, segmen yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia, sehingga mereka juga dapat memperoleh peluang yang sama dalam meningkatkan kegiatan operasional mereka dan memenuhi kebutuhan konsumen akhir yang terus berubah,” ungkapnya.

Sementara itu, Presiden Direktur Unilever Indonesia Hemant Bakshi mengatakan, agility atau ketangkasan selalu menjadi salah satu kualitas utama perusahaannya yang harus terus relevan dengan masa depan.

“Dalam situasi yang berubah cepat seperti sekarang, prioritas kami tetap sama, yaitu untuk terus memenuhi kebutuhan harian konsumen dengan memastikan produk-produk berkualitas kami selalu tersedia dan mudah didapatkan,” ujar Hemant.

Hemant meyakini kolaborasi dengan perusahaan digital bisa memberikan manfaat kebaikan yang lebih besar untuk banyak orang. Ia juga berharap kerja sama ini dapat membantu UMKM di Indonesia untuk bertahan sekaligus berkembang sembari melewati krisis.

“Kami berharap kerja sama antar pemimpin bisnis seperti yang kami lakukan akan bisa membantu kita semua bangkit menuju Indonesia yang lebih sehat, sejahtera dan maju,” tambah Hemant.