Ilustrasi gerobak listrik untuk UMKM. (Foto: dok SPI)

Jakarta, MNEWS.co.id – PT Solar Panel Indonesia (SPI) memproduksi kendaraan listrik merek Gelis atau Gerobak Listrik, guna mendukung upaya pemerintah dalam dalam penurunan emisi karbon.

Gelis diklaim sebagai gerobak bertenaga listrik pertama di Indonesia dengan kendaraan niaga roda tiga berbasis listrik dan merupakan besutan anak bangsa. Harga yang dipatok sebesar Rp20-50 juta.

“Gelis yang didesain secara khusus ini untuk dijadikan kendaraan listrik niaga yang efisien dan ideal untuk membantu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM),” ungkap Deputy Marketing Director PT Solar Panel Indonesia Sany Yoedo.

Sany menuturkan, Gelis 300 memiliki enam varian, yaitu Gelis Light Metal, Gelis Retro, Gelis Garb, Gelis Pick up, Gelis Chassis dan Gelis Cargo. Secara keseluruhan ada delapan model utama dari Gelis, termasuk produk terbaru  varian cargo dan pickup.

Solar Panel Indonesia telah membangun pabrik di wilayah Cikeas, Jawa Barat pada 2020 dengan kapasitas produksi mencapai 2.000 unit per tahun. Perusahaan itu juga mengaku memiliki 12 dealer Gelis yang tersebar di wilayah Indonesia seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Batam, sampai di Pulau Bali.

“Gelis segera membuka dealer lebih banyak sehingga dapat membantu pelaku UMKM di seluruh wilayah Indonesia,” ungkapnya.

Ia juga mengklaim, dengan menggunakan produk Gelis, biaya operasional dapat ditekan hingga 75% dibandingkan dengan kendaraan yang menggunakan bahan bakar konvesional (BBM).