Sinergi Program Kegiatan Kementerian Koperasi dan UKM dengan Dekranas dan Tim Penggerak PKK, Kamis (24/1/2019). Foto: Kemenkop.
Sinergi Program Kegiatan Kementerian Koperasi dan UKM dengan Dekranas dan Tim Penggerak PKK, Kamis (24/1/2019). Foto: Kemenkop.

Tarakan, MNEWS.co.id – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) banyak menghasilkan produk-produk berkualitas, terutama di sektor kriya. Namun, masih perlu upaya untuk mengembangkan produk kerajinan yang ada.

Ketua Umum Dekranas, Mufidah Jusuf Kalla, mengatakan, industri lokal tumbuh sangat bervariasi dari skala mikro, kecil, sampai menengah dan berbagai kendala masih dihadapi terutama dalam hal permodalan, pemasaran, teknik produksi, dan lain-lain.

“Persaingan di pasar global semakin ketat, sehingga diperlukan upaya-upaya nyata untuk mendorong para perajin lebih giat agar dapat bersaing. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kemampuan SDM untuk mengembangkan produk-produk kerajinan yang berdaya saing sehingga laku di pasaran,” kata Mufidah membuka acara Sinergi Program Kegiatan Kementerian Koperasi dan UKM dengan Dekranas dan Tim Penggerak PKK, Kamis (24/1/2019), dilansir dari siaran pers Kementerian Koperasi dan UKM.

Ia menyambut baik sinergi kegiatan itu dalam upaya meningkatkan wawasan UKM dan perajin. Dekranas, lanjut Mufidah, sebagai mitra pemerintah telah melakukan berbagai program dalam membina dan mengembangkan UKM melalui sinergi dengan kementerian terkait.

“Selanjutnya Dekranasda yang melaksanakan kegiatan-kegiatannya demi pengembangannya hal ini sangat penting mengingat potensi kerajinan di Kaltara sangat besar seperti anyaman, tenun, dan lain-lain. Saya kira anyaman sudah bagus,” imbuhnya.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan, yaitu melakukan pelatihan-pelatihan khusus yaitu di bidang desain karena menurut dia tren desain sangat cepat berubah sehingga peningkatan kreativitas inovasi harus tetap dilakukan namun tetap memperhatikan identitas lokal agar warisan budaya tetap harmonis dengan kekinian yang terus terjadi.

“Dalam kaitan ini saya berharap agar Dekranasda tetap berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk BUMN dan Tim Penggerak PKK sehingga Dekranas dapat semakin berperan untuk kemajuan bangsa melalui pengembangan produk kerajinan yang dihasilkan oleh masyarakat yang membanggakan,” katanya.