Ketahui 'Golden Time' Promosi Online di Bulan Ramadan
Ketahui 'Golden Time' Promosi Online di Bulan Ramadan. (Foto: freepik.com/tanyajoy)

Jakarta, MNEWS.co.id – Umat muslim sudah kembali bertemu dengan bulan Ramadan. Selain mengandung beribu berkah, bulan Ramadan juga menyimpan potensi keuntungan yang sangat baik bagi kelangsungan usaha Anda.

Bayangkan, 88,7% penduduk Indonesia adalah umat muslim yang merayakan Idul Fitri. Anda bisa mendapatkan eksposur yang cukup luas jika menyasar segmen pasar ini. Menurut data Google, pencarian yang berkaitan dengan Ramadan dan Idulfitri bahkan telah mengalami peningkatan sejak satu minggu sebelum bulan puasa dimulai.

Selain perlu merancang strategi dan campaign khusus yang sekiranya bisa meningkatkan penjualan di bulan Ramadan, pelaku usaha juga perlu mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membagikan konten promosi produknya.

Perlu disadari jika di bulan Ramadan, terjadi perubahan perilaku masyarakat mulai dari jam tidur, kebiasaan makan hingga kapan mereka berbelanja dan menggunakan media sosial.

Hal ini perlu dicermati oleh pelaku usaha dalam melancarkan strategi promosi online selama bulan Ramadan, terutama terkait dengan waktu tayang atau istilah kerennya, ‘Golden Time‘.

Berikut ini adalah waktu terbaik untuk membagikan konten promosi Anda selama bulan Ramadan yang telah kami rangkum dari beberapa sumber.

Waktu Terbaik untuk Posting Konten
Data dari agensi media sosial Arcs n Curves bahkan mengungkapkan bagaimana ketika Ramadhan tiba, orang-orang justru menggunakan media sosial pada pukul 3 pagi (sahur) dan 7 malam (ifthar).

Oleh karena itu, salah satu strategi pemasaran online yang bisa Anda coba terapkan adalah dengan memposting konten media sosial ketika jam-jam tersebut.

Waktu Terbaik Interaksi di Media Sosial
Jam 3 pagi menjadi waktu terbaik untuk berinteraksi dengan pelanggan Anda melalui media Facebook.

Waktu dengan Penjualan Tertinggi
Sementara itu, data dari criteo.com juga menunjukkan hasil yang menarik. Dikatakan bahwa penjualan pada jam 4 pagi di bulan Ramadan meningkat hingga 17% dibandingkan hari-hari biasanya.

Sementara pada jam 6 malam, penjualan produk justru akan menurun. Setelah seharian berpuasa, orang-orang akan lebih memilih untuk makan, beribadah, dan mengobrol bersama keluarga daripada berbelanja.

Dengan strategi yang tepat, momen bulan Ramadan ini bisa dimanfaatkan dengan optimal oleh para pelaku UMKM untuk kemajuan usahanya. Perhatikan ‘Golden Time’ ini agar Anda juga bisa memanfaatkan momen Ramadan bagi kelangsungan usaha.