Crowdo dan PT. Saison Modern Finance Berkomitmen untuk Mendukung Pembiayaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). (Foto : Dok. Crowdo)
Crowdo dan PT. Saison Modern Finance Berkomitmen untuk Mendukung Pembiayaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). (Foto : Dok. Crowdo)

Jakarta, MNEWS.co.id – PT Mediator Komunitas Indonesia (Crowdo) menjalin kerja sama dengan PT Saison Modern Finance untuk mendukung pembiayaan modal usaha kepada pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia. Saison Modern Finance adalah perusahaan multifinance khususnya dalam pembiayaan retail.

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan oleh Muhammad Ikram Jeihan selaku Chief Commercial Officer (CCO) Crowdo dan Koji Yasunobe selaku President Director Saison Modern Finance di Menara Rajawali,Mega Kuningan, Jakarta pada Minggu (23/9/19).

Melalui kerja sama ini, Ikram berharap dapat meningkatkan pertumbuhan usaha UKM, serta dapat memperkuat kerja sama dengan lembaga keuangan seperti multifinance dan perbankan dalam hal penyaluran pinjaman.

“Crowdo akan menginisiasi strategi untuk meningkatkan volume pendanaan serta perluasan pasar di mana salah satunya yaitu bekerja sama dengan perusahaan multifinance demi terciptanya inklusi keuangan yang baik di Indonesia,” kata Ikram.

Yasunobe juga ingin melalui kerja sama ini dapat mengembangkan jaringan bisnis, khususnya ke pembiayaan usaha ritel yang tengah tumbuh di Indonesia. “Kami juga ingin membantu dalam mengurangi gap keuangan yang sangat besar di Indonesia. Kami yakin dengan kolaborasi strategis ini dapat meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia dan pada akhirnya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi negara,” pungkasnya.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menerbitkan aturan bagi industri multifinance yaitu Peraturan OJK (POJK) Nomor 35/POJK.05/2018 Tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan.Salah satu poin dari peraturan ini adalah mengenai peningkatan peranan perusahaan multifinance dalam melakukan pembiayaan usaha produktif, perluasan kegiatan usaha dan kerja sama pembiayaan dengan fintech. 

Crowdo merupakan salah satu platform peer to peer lending terdepan di Asia Tenggara. Di Indonesia, Crowdo telah beroperasi secara resmi sejak 2016 dan sudah membantu pembiayaan lebih dari 5.000 proyek di Indonesia dengan jumlah pemberi pinjaman lebih dari 50.000 orang secara global. Crowdo juga sudah memiliki lisensi dari Otoritas Moneter Singapura, Komisi Sekuritas Malaysia, selain itu telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia serta merupakan anggota Asosiasi Fintech Indonesia dalam bidang P2P Lending. Crowdo  juga telah meraih sertifikasi ISO/IEC 270012013 dari British Standards Institution (BSI) perihal Manajemen Keamanan Informasi.