Ilustrasi Aplikasi Facebook. (Foto: Unsplash/Tim Bennett)

Jakarta, MNEWS.co.id – Kementerian Perdagangan (Kemendag) berkolaborasi dengan Facebook melalui kampanye virtual #TumbuhdiFacebook untuk membantu para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bertahan di tengah pandemi. 

Melalui program yang berlangsung pada Oktober 2020—Januari 2021, Kemendag dan Facebook akan menyelenggarakan berbagai kegiatan edukasi, diskusi, hingga festival belanja. Peluncuran program kolaborasi Kemendag dan Facebook tersebut diselenggarakan secara virtual pada Sabtu (3/10/20).

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto menjelaskan melalui kolaborasi ini, para pelaku UMKM lokal diharapkan akan memiliki keahlian dan wawasan baru untuk bertahan, bertumbuh, bahkan menjangkau pangsa pasar yang lebih luas dengan bantuan platform daring seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

“Kolaborasi ini merupakan bentuk konkret pentingnya kerja sama pemerintah dan pihak swasta dalam mendukung program pemerintah ‘Bangga Buatan Indonesia’ dan ketahanan UMKM lokal, serta mendorong pergerakan roda perekonomian tanah air,” kata Agus.

Sebagai salah satu langkah awal kolaborasi, Kemendag dan Facebook menyelenggarakan pelatihan virtual Akademi Instagram untuk membantu UMKM di memaksimalkan penggunaan platform digital dalam mengembangkan usaha mereka.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra mengatakan UMKM berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi di banyak negara. Namun, saat ini mereka tengah menghadapi tantangan luar biasa.

“Pandemi Covid-19 menuntut mereka beradaptasi dan bertransformasi ke arah digital. Untuk itu, seluruh rangkaian kegiatan dalam kolaborasi ini diharapkan dapat menginspirasi dan membantu lebih banyak UMKM untuk menerapkan pendekatan digitalisasi dalam upaya tumbuh kembang usaha mereka,” kata Syailendra.

Acara ini menghadirkan berbagai rangkaian kegiatan meliputi sesi pelatihan optimalisasi media sosial untuk pegawai Kemendag, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) dan Atase Perdagangan, kelas pelatihan dasar bagi UMKM lokal untuk go digital di masa adaptasi kebiasaan baru dengan memanfaatkan Facebook dan Instagram, serta sesi bincang bisnis inspiratif antara Kemendag dan perwakilan Facebook. Ke depannya, juga akan ditayangkan konten IGTV series #BanggaBuatanIndonesia, pelatihan seputar fitur Facebook dan Instagram Shops, hingga bazar virtual.

Agus berharap rangkaian kegiatan dalam kerja sama ini tidak hanya bermanfaat untuk melengkapi para UMKM dengan ilmu-ilmu dan tips-tips praktis, tapi sekaligus dapat memberikan ide-ide segar. “Dengan begitu, pelaku UMKM dapat meningkatkan produktivitas dan penjualan mereka melalui aplikasi digital dari Facebook,” ungkapnya.