Kemendag Mendukung Program  “From Local Go Global”

Rasti R | 08 Oktober 2019, 16:05 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id - Kementerian Perdagangan mendukung program “From Local Go Global” yang dibuat oleh Kamar Dagang Indonesia (Kadin). Program ini adalah salah satu cara dalam meningkatkan penggunaan produk Indonesia yang ada di dalam dan juga luar negeri. Rangkaian program tersebut berlangsung pada 6 hingga 11 Oktober 2019 bertempat di Gedung Sarinah Thamrin, Jakarta. Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama Kadin dengan PT Sarinah. 

Program “From Local Go Global” juga mendapatkan dukungan dari berbagai pelaku usaha lokal yang bergerak di bidang pemasaran daring dan luring. Rangkaian program kegiatan meliputi bazar produk Indonesia, peresmian "Indonesia E-Commerce Marketplace Go Global", dan gelar wicara.

“Pemerintah mengajak pelaku usaha untuk bersama-sama mendukung kemajuan dan meningkatkan daya saing produk lokal agar bisa berkompetisi dengan produk impor,” ujar Enggartiasto Lukita, Menteri Perdagangan dilansir dari siaran pers Kemendag.

Seiring perkembangan digital, Pemerintah juga terus mendorong para pelaku usaha dalam memperkuat komitmen untuk menyeimbangkan komposisi jumlah produk lokal di pasar daring. “Hal ini penting dilakkukan karena masih banyak produkproduk dari luar negeri yang diperdagangkan secara daring. Untuk itu, dibutuhkan komitmen kuat para pelaku usaha agar produk-produk dalam negeri juga dapat merajai pasar daring,” kata Enggartiasto.

Peningkatan komposisi pada produk lokal dalam perdagangan daring juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan perekonomian nasional. Salah satu caranya adalah dengan mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memanfaatkan platform daring untuk menemukan pembeli dari
mancanegara.

“Sebenarnya produk-produk Indonesia banyak diminati pembeli mancanegara. Peluang inilah yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Dengan strategi pemasaran yang tepat melalui platform daring, para pelaku UMKM dapat meraih peluang pemasaran yang lebih besar,” tambah Enggartiasto.

Pada pembukaan acara tersebut, hadir Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perdagangan Benny Soetrisno, Ketua Panitia Program Terpadu Peningkatan Penggunaan Produk Indonesia "From Local Go Global" Handito Joewono, Direktur Perdagangan dan Properti mewakili Direktur Utama Sarinah Indyruwani Asikin Natanegara, serta para pejabat Eselon I dan II Kemendag.

Tentang Penulis
Rasti R
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar