Kelas Komunitas UMKM: Belajar Digital Marketing, Tangkap Peluang Pasar E-Commerce

Dewi Fadhilah Soemanagara | 20 September 2018, 13:25 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id – Komunitas Sahabat UMKM kembali mengadakan Kelas Komunitas bagi para pelaku UMKM. Program rutin yang diselenggarakan setiap bulan ini memberikan pembekalan bagi para peserta untuk lebih memahami dunia pemasaran, pengemasan produk, hingga digital marketing. Pada Kelas Komunitas kali ini, Sahabat UMKM bekerja sama dengan Shopee mengadakan pelatihan dengan membahas peluang pasar e-commerce bagi para pelaku UMKM.

Seiring dengan perkembangan laju digital, peluang pasar e-commerce terbuka lebar bagi para pelaku UMKM. Namun, ada beberapa strategi yang harus diperhatikan, karena menggaet pembeli dari dunia daring tentu memiliki trik dan skill tersendiri yang harus dikuasai oleh pelaku UMKM.

Riva Yozi Pratama, Senior Analyst (Community Development) dari Shopee, menuturkan misinya untuk mengembangkan UMKM bersama dengan asosiasi seperti Sahabat UMKM. Menurutnya, kelas komunitas seperti ini akan sangat membantu para pelaku UMKM untuk bisa naik kelas.

“Shopee lagi fokus mengembangkan UMKM, pergi ke daerah untuk mengembangkan UMKM. Kita bekerja sama dengan pemerintah juga, dan asosiasi, salah satunya seperti Sahabat UMKM. Sahabat UMKM ini juga punya semangat yang sama untuk mengembangkan UMKM. Jadi kita juga berkolaborasi bersama komunitas dengan mengadakan kelas-kelas seperti ini. Kita masih mengembangkan kelas UMKM-nya, kita akan buat inkubasinya juga,” jelas Riva di sela-sela Kelas Komunitas yang diadakan di Classroom A Jakarta Creative Hub, Jakarta, Kamis (20/9/18).

Selama sesi Kelas Komunitas berlangsung, peserta tidak hanya belajar untuk terjun langsung di e-commerce dan mengidentifikasi keinginan pembeli di dunia online, tetapi juga kemampuan-kemampuan mendasar, seperti bagaimana membuat foto produk berkualitas dengan visual yang menarik, hingga membuat sendiri lightbox untuk sesi foto produk agar hasil akhirnya tampak seperti foto studio sungguhan.

Selain mempelajari trik berjualan online dengan tepat sasaran, di kelas komunitas ini para peserta juga saling berbagi informasi tentang produknya masing-masing, dan membuat foto produk di lightbox yang telah dibuat secara berkelompok. Rencananya, di Kelas Komunitas berikutnya akan dibahas bagaimana membuat caption produk yang menarik dan informatif.

Tentang Penulis
Dewi Fadhilah Soemanagara
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar