Perajin memproduksi batik tulis di di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. (Foto: Aditya Pradana Putra)

Jakarta, MNEWS.co.id – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) gencar mengkampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2021 melalui Festival JogloSemar (Yogyakarta, Solo dan Semarang): “Artisan Of Java”. Upaya itu untuk mendorong pemulihan ekonomi yang ditopang pelaku usaha dan industri mikro kecil dan menengah.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih, Gernas BBI 2021 akan hadir di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provisi Jawa Tengah melalui festival JogloSemar.

“Kementerian Perindustrian turut berperan aktif dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan mengusung Festival JogloSemar di sepanjang bulan Mei 2021 ini, dengan acara puncaknya akan dilaksanakan di Candi Borobudur pada tanggal 20 Mei 2021,” kata Gati dikutip dari siaran pers Kemenperin.

Ia menjelaskan, dalam Gernas BBI kali ini ada tiga hal yang ingin dicapai. Pertama, meningkatkan jumlah pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) yang masuk di pemasaran online. Kedua, menciptakan value creation bagi pelaku IKM. Ketiga, meningkatkan permintaan produk artisan.

“Festival Joglosemar ini mengangkat IKM artisan dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Manfaatkan Gernas BBI untuk meningkatkan omset, perbaiki kualitas dan branding barang sehingga akan semakin banyak artisan Indonesia,” ujar Gati.

Artisan Indonesia merupakan usaha mikro, kecil dan menengah yang menghasilkan produk dan jasa dengan nilai tambah dan kualitas tinggi, serta keunikan dan spesialisasi yang tidak banyak dimiliki oleh pesaing negara lainnya.

“Tahun 2020, sebanyak 3,8 juta UMKM telah onboarding di marketplace dari target 2 juta UMKM. Tahun ini kami menargetkan 6,1 juta UMKM masuk di marketplace dengan omset yang meningkat,” tambahnya.

Kemenperin akan terus melakukan pembinaan dan pengembangan IKM agar hasil produksinya memiliki kualitas yang sesuai dengan permintaan pasar, salah satunya melalui program e-Smart IKM yang bertujuan mendorong pelaku IKM berjualan di platform digital antara lain melalui marketplace Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Blibli, IndoTrading dan Dana.

“Kampanye #FestivalJoglosemar mencita-citakan untuk mendorong partisipasi seluruh masyarakat Indonesia agar mencintai dan bangga terhadap produk lokal yang memperhatikan peningkatan kualitas dan branding sehingga produk kita dikenal di kancah internasional,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here