Kadin DKI Diharapkan Dapat Mengembangkan UMKM di Jakarta

Rasti R | 20 September 2019, 16:59 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id - Gubernur Provinisi DKI Jakarta, Anies Baswedan, menetapkan Kepengurusan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Provinsi DKI Jakarta Masa Bakti Tahun 2019-2024, di Balai Agung, Balaikota Jakarta, pada Kamis (19/9/19). Kepengurusan yang ditetapkan antara lain Dewan Penasehat, Dewan Pertimbangan, dan Dewan Pengurus Kadin Provinsi DKI Jakarta. Dalam sambutannya, Anies berharap kemitraan antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Kadin Provinsi DKI Jakarta bisa terus dikembangkan.

Anies menegaskan, kemitraan itu mensyaratkan kesetaraan. Oleh sebab itu, dalam membangun Jakarta perlu dilakukan dengan prinsip kolaborasi. Gubernur Anies juga berharap, dengan kolaborasi bersama Kadin Provinsi DKI Jakarta, maka Ibu Kota Jakarta bisa menjadi tempat di mana pelaku ekonomi domestik dan dunia hadir.

Anis berharap dengan hadirnya Kadin DKI, bisa  dirasakan bagi pergerakan perekonomian mikro, kecil, dan menengah di seluruh wilayah DKI Jakarta. Sebab pelaku dari privat sektor memiliki kekuatan pada inovasi dan pada kreativitas, pemerintah mempunyai kewenangan di sisi otoritas dan juga kapasitas fiskal.

Bila keduanya bermitra, maka yang satu membawa otoritas dan kemampuan fiskal, dan yang satu membawa kreativitas serta kemampuan eksekusi, maka dampaknya bagi Jakarta akan sangat besar. "Kita ingin mendorong pembinaan pada pelaku-pelaku, khususnya mikro, kecil dan menengah yang banyak sekali di Jakarta. Itu kita dorong untuk berkembang lebih jauh lagi,” ungkapnya.

Anies berharao kerja sama Pemprov DKI Jakarta dengan Kadin Provinsi DKI Jakarta terus dapat mengembangkan kesempatan dalam pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, serta kestabilan kebutuhan pokok. Selain itu Jakarta juga diharapkan menjadi pintu gerbang dari perekonomian Indonesia, sebagai tempat masuknya kegiatan investasi dan berbisnis. "Kita berharap bisa bersama mengantisipasi gelombang dan mengubah menjadi kesempatan bagi ekonomi Indonesia, khususnya bagi Jakarta,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Anies turut mengapresiasi kepengurusan baru Kadin Provinsi DKI Jakarta. Peran strategis Kadin Provinsi DKI Jakarta sebagai mitra Pemprov DKI Jakarta harus dipertahankan. Gubernur Anies juga mengapresiasi kepengurusan Kadin Provinsi DKI Jakarta periode sebelumnya.

Anies berpesan pada para pengurus baru agar menomorsatukan perekonomian rakyat di Jakarta dalam menjalankan tugasnya. “Kami berharap di sini menomorsatukan perekonomian rakyat banyak. Artinya pelaku-pelaku ekonomi yang ada di Jakarta menitipkan kepercayaan kepada Bapak/Ibu sekalian. Jaga ini dengan sebaik-baiknya," katanya.

Tentang Penulis
Rasti R
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar