Tampilan Jalan Tol Jakarta-Cikampek. (Foto: Liputan6)
Tampilan Jalan Tol Jakarta-Cikampek. (Foto: Liputan6)

Jakarta, MNEWS.co.id – PT Jasa Marga membuka layanan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II untuk umum pada Minggu (15/12/19). Sebelumnya tol melayang ini telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (12/12/19).

“Ya pagi ini, tidak persis jam 06.00 WIB, seperti disampaikan sebelumnya,” kata Dwimawan Heru selaku Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Minggu (15/12/19).

Heru mengungkapkan, jalan tol ini untuk sementara waktu dioperasikan tanpa tarif untuk sementara waktu. Jalan tol layang ini membentang dari Simpang Susun Cikunir hingga Karawang Barat. Ia mengingatkan, akses pengguna jalan untuk dapat melewati jalan tol layang terpanjang di Indonesia ini.

“Untuk arah Cikampek, pengguna jalan dapat melalui Jalan Tol Dalam Kota dari arah Halim/Cawang dan masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (tol melayang) melalui akses di Km 10 Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah,” katanya.

Sementara untuk pengguna jalan dari arah Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta dari arah Jatiasih, Heru menjelaskan, pengguna jalan dapat masuk melalui akses Km 45 Jalan Tol JORR, sementara untuk pengguna jalan dari arah Rorotan masuk di akses Km 46 Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta.

“Sedangkan untuk pengguna jalan yang menuju arah Jakarta dapat masuk di Karawang Barat melalui akses Km 48 Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah yang nantinya dapat keluar di Simpang Susun Cikunir Km 10 Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah arah Halim/Cawang, keluar ke Jalan Tol JORR arah Jatiasih dengan membayar tarif Jalan Tol JORR di Gerbang Tol (GT) Cikunir 6 serta keluar ke Jalan Tol JORR arah Rorotan dengan membayar tarif Jalan Tol JORR di GT Cikunir 8,” tutupnya.

Tol layang Jakarta-Cikampek tersebut ‎sejajar dengan jalur Light Rapid Transit atau Lintas Rel Terpadu (LRT). Dengan posisi di atas tentunya bisa terlihat bangunan yang berada di sepanjang Tol Jakarta-Cikampek. ‎Untuk kenyamanan pengendara Tol Layang Jakarta-Cikampek sudah teraspal, dilengkapi garis marka jalan dan lampu penerangan jalan saat malam hari. Selain itu juga ada pembatas beton setinggi 1,5 meter.