Instagram Akhirnya Rilis Fitur Reels dan Music di Indonesia
Instagram Akhirnya Rilis Fitur Reels dan Music di Indonesia (Foto: Instagram)

Jakarta, MNEWS.co.id – Instagram kini memiliki beberapa fitur terbaru antara lain adalah penambahan Music di stories serta fitur Instagram Reels.

Dikutip dari Kompas.com, Rabu (21/6/21), akhirnya Instagram resmi menghadirkan kedua fitur tersebut kepada penggunanya di Indonesia. Saat ini Anda sudah bisa membuat dan menikmati konten Reels dan Music dari pengguna lain. Sebagai informasi, fitur Music sendiri sebenarnya sudah dikenalkan secara global sejak November 2019 lalu.

Sementara itu Instagram Reels sendiri merupakan fitur terbaru berupa perekaman video pendek mirip seperti TikTok. Ketika pengguna mengklik ikon Reels, maka akan menjumpai konten video pendek yang diekspresikan oleh pengguna lainnya. Tampilannya pun mirip dengan halaman ‘For Your Page’ (FYP) yang ada di aplikasi Tiktok.

Selanjutnya konten yang sudah diunggah pun bisa dikomentari serta pengguna juga bisa memberikan like, membagikan (forward) kepada pengikut di Instagram. Sebelum diunggah, video bisa ditambahi dengan efek, stiker, music, caption, dan lainnya. Video tersebut juga dapat dibagikan melalui fitur seperti feeds, direct message, dan Instagram stories baik secara publik atau privasi.

Kehadiran dua fitur tersebut juga membuat layout utama di aplikasi instagram berubah. Kini tombol upload yang ada di bagian tengah sudah bergeser ke menu profile dan home. Sementara di tengah tersebut kini menampilkan fitur Reels.

Lalu untuk bagian explore, kini pengguna Instagram juga akan diberikan berbagai konten Reels yang dibuat oleh para kreator. Namun tetap ditampilkan sesuai dengan konten kesukaan pengguna.

Kehadiran fitur Instagram Reels dan Music untuk pengguna di Indonesia akan dilakukan secara bertahap seperti perilisan fitur-fitur lainnya. Maka dari itulah kini ada beberapa akun yang sudah mendapatkan fitur tersebut dan ada yang belum bisa untuk menggunakannya.