Ilustrasi Membuat Kopi. (Foto: Unsplash/Nathan Dumlao)

Jakarta, MNEWS.co.id – Di era new normat saat ini, masyarakat tetap diimbau untuk menjaga jarak fisik dan membatasi interaksi sosial. Bagi para pecinta kopi, mungkin sudah saatnya mengasah kreativitas dengan membuat kopi sendiri dari rumah.

Melansir laman Republika, berikut beberapa cara untuk membuat kopi ala kedai kopi kesayangan Anda dari rumah.

Siapkan penggiling kopi

Hal pertama yang harus kalian siapkan adalah alat penggilingan kopi (grinder). Kamu bisa memilih burr grinder untuk hasil terbaik. Tipe penggilingan kopi ini bisa menghancurkan biji kopi ke dalam 2 buah pisau, di mana salah satu pisaunya bergerak dan satunya diam. Burr grinder memiliki konsistensi saat menggiling. Karena itu, harga penggiling kopi ini cenderung lebih mahal daripada penggiling standar.

Buat sirup sederhana

Pernah merindukan aroma lavender atau strawberry dalam kopi racikan barista di kedai kopi? Untuk membuat sirup stroberi, iris satu liter stroberi dan masukkan ke dalam panci dengan satu gelas air dan satu gelas gula. Didihkan dan kemudian kecilkan api selama 20-30 menit, pastikan sesekali diaduk. Setelah cairan berwarna merah cerah dan stroberi matang, saring ke dalam wadah atau mangkuk yang tahan panas dan dinginkan di lemari es.

Anda dapat menggunakan sirup dalam kopi panas, tetapi sangat bagus dalam minuman es. Masukkan es, kopi, dan setengah sendok teh sirup ke dalam shaker Anda, kocok sampai sepuasnya dan saring di es menjadi gelas.

Bereksperimen dengan kopi lain

Biji kopi memiliki profil rasa yang berbeda tergantung di mana mereka tumbuh, bagaimana mereka diproses, bagaimana mereka dipanggang dan bagaimana mereka diseduh. Katakanlah Anda menyukai Pike Place di Starbucks dengan not kakao yang pedas, kini pertimbangkan mencoba kopi dengan profil rasa yang lebih berbuah. Perhatikan kacang mana yang Anda suka dan bagaimana Anda menyukainya dan Anda akan dapat memperluas pengalaman minum kopi Anda.

Bikin milk foam sendiri

Jika Anda lebih suka latte dan cappuccino, akan sulit untuk mereplikasi keduanya di rumah tanpa melakukan beberapa perubahan pada mesin espresso. Dalam mempersiapkan latte dan cappuccino rasio susu menjadi kunci. Latte menggunakan susu lebih banyak, sedangkan cappucino menggunakan susu yang kadar foam-nya sedikit lebih banyak.

Untuk membuatnya kamu bisa mendidihkan susu gandum, dinginkan, lalu kocok dengan menggunakan shaker dan es batu hingga berbusa.

Buat aktivitas minum kopi di rumah

Sebelum pandemi, pergi ke kedai kopi sering menawarkan kesempatan untuk keluar dari kepenatan dan hiruk pikuk kehidupan nyata. Di rumah, Anda juga dapat merancang ritual kopi seperti itu. Anda bisa menikmati kopi bersama keluarga tercinta, atau menikmati kopi di sudut rumah yang menjadi favorit untuk membuat Anda lebih rileks.