Ilustrasi ATM Bank BNI. (Foto: dok BNI)

Jakarta, MNEWS.co.id – Pandemi Covid-19 yang memaksa masyarakat menjalankan physical distancing telah memperkuat ketergantungan terhadap transaksi digital melalui smartphone. Fungsi smartphone kini menjadi lebih dari sekadar alat komunikasi, melainkan juga sebagai alat transaksi digital, yaitu melalui aplikasi Mobile Banking milik perbankan dan e-wallet.

Hal ini juga menjadi salah satu pertanda dunia tengah memasuk fase kenormalan baru (new normal). menyesuaikan dengan kondisi tersebut, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menghadirkan terobosan fitur Mobile Tunai pada aplikasi BNI Mobile Banking di fase New Normal.

Fitur Mobile Tunai ini memudahkan nasabah untuk melakukan penarikan uang tunai di ATM BNI (Setor/Tarik Tunai) dan ATM Link (BNI) tanpa perlu membawa kartu debit BNI. Fitur Mobile Tunai ini mendukung nasabah untuk semakin mudah bertransaksi digital di era new normal.

Corina Leyla Karnalies, Direktur Bisnis Konsumer BNI mengatakan, nasabah hanya perlu membuka aplikasi BNI Mobile Banking dan memilih menu Mobile Tunai. “Ini merupakan cara baru dalam bertransaksi secara cashless dan cardless. Kelebihan transaksi Mobile Tunai adalah bisa digunakan untuk diri sendiri maupun untuk mengirimkan dana tunai ke orang lain,” katanya.

Fitur Mobile Tunai juga dilengkapi dengan sistem pengamanan yang baik dan berlapis. Pengamanan tahap 1, nasabah memasukkan kode transaksi di ATM saat melakukan tarik tunai tanpa kartu ini dan kode pengaman ini hanya berlaku selama 2 jam. Selain itu BNI melengkapi dengan pengamanan tahap 2, yaitu dengan kode OTP yang dikirimkan ke nomor handphone yang dituju. Kedua tahap pengamanan ini diterapkan demi memaksimalkan keamanan transaksi nasabah.

“Fitur Mobile Tunai juga sangat bermanfaat untuk mengirimkan uang kepada orang lain. Cukup dengan memasukkan nomor handphone penerima dana. Kemudian sampaikan kode transaksi yang dihasilkan pada penerima dana. Penerima dana juga akan mendapatkan kode OTP pada nomor handphone yang dituju,” kata Corina.

Ia menambahkan, nominal uang yang dapat ditarik adalah kelipatan Rp50.000, hingga maksimal Rp1.250.000, untuk tujuan transaksi diri sendiri, dan maksimal tarik tunai Rp500.000, untuk orang lain. Pengaturan ini demi keamanan nasabah.

BNI juga hadir dalam layanan WhatsApp Business yang merupakan media yang digunakan BNI dalam melakukan edukasi terkait layanan dan produk BNI, menginformasikan program dan promosi BNI, hingga notifikasi transaksi. Tujuannya agar BNI lebih dekat lagi dengan nasabah dan memberikan banyak pilihan channel untuk mengetahui informasi seputar BNI.