Kegiatan Acara Community & Media Gathering Palembang Triathlon 2020 . (Foto: Medcomid)
Kegiatan Acara Community & Media Gathering Palembang Triathlon 2020 . (Foto: Medcomid)

Jakarta, MNEWS.co.id – Indonesia akan mengadakan Indonesia Triathlon Series (ITS) yang digelar pada 22-23 Februari di Palembang dengan target dapat mendorong industri pariwisata olahraga di Tanah Air.

Kiki Taher selaku Chief Commercial & Communication Officer ITS mengatakan, berdasarkan data yang ada satu kali penyelenggaraan triathlon dapat memberikan dampak ekonomi senilai Rp450 miliar.

“Sport tourism ini punya experential impact. Sebuah data menyebut, 90 persen peserta sport tourism ini akan pulang dengan menceritakan dengan word of mouth apa yang dia rasakan. Harus ada experential impact yang baik untuk bisa menjadi potensi ekonomi,” katanya.

Ia menambahkan potensi tersebut telah dimaksimalkan oleh Australia dan Selandia Baru dalam menyerap pendapatan dari olahraga pariwisata hingga 55 persen.

Dalam menyerap potensi ekonomi itu butuh kerjasama dari semua pihak, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, pihak sponsor sampai publik yang terdampak dari acara tersebut.

Sementara itu Ahmad W Noviadi selaku Ketua Pelaksana Palembang Triathlon 2020 mengatakan, kegiatan itu merupakan yang kedua kalinya di Indonesia. Perbedaannya untuk tahun ini Palembang Triathlon masuk dalam rangkaian ITS, sehingga lebih menantang karena menggunakan sistem poin (point system).

Noviadi menjelaskan sistem poin ini juga akan digunakan untuk penyelenggaraan lima triathlon ITS lainnya yang digelar tahun ini, yakni Jakarta City Triathlon (Juni), Bandung City Triathlon (Agustus), Belitung Triathlon (September), Mandalika Triathlon (Oktober) dan Pariaman Triathlon (November).

Sementara untuk Palembang Triathlon 2020 dibagi dalam dua penyelenggaraan, pada 22 Februari mempertandingkan kategori Youth, Elite dan Military sementara pada 23 Februari untuk kategori Age Group.

Para peserta akan berenang di danau Jakabaring, bersepeda melintasi Jembatan Ampera (khusus hari kedua) dan berlari mengitari Jakabaring. Kejuaraan ini juga akan diramaikan oleh sejumlah atlet nasional, seperti Jauhari Johan, triathlete asal Palembang peraih medali emas di SEA Games 2019