Para peserta yang hadir dalam kegiatan Indonesia Menari di Trans studio Mall, Minggu (17/11/19) (Foto: muhammad abdiwan)
Para peserta yang hadir dalam kegiatan Indonesia Menari di Trans studio Mall, Minggu (17/11/19) (Foto: muhammad abdiwan)

Jakarta, MNEWS.co.id – Ajang menari secara serentak terbesar di Indonesia kembali digelar. Untuk tahun ini Indonesia Menari 2019 hadir di Jakarta, Bandung, Solo, Semarang, Medan, Makassar, dan Palembang.

Billy Gamaliel selaku Program Associate Bakti Budaya Djarum Foundation mengatakan, tiga kota terakhir yang ditambahkan merupakan jawaban atas antusiasme masyarakat di luar Pulau Jawa. Khususnya untuk tahun ini peserta yang mendaftar makin bertambah, yakni sebanyak empat belas ribu peserta yang mendaftar.

Billy menjelaskan bahwa konsep yang diambil masih sama, yakni menghadirkan tarian tradisional dengan konsep modern. Tema yang diambil masih sesuai tradisi, begitu pula musik tradisionalnya. Hanya diberi warna baru agar lebih disukai anak muda.

“Kita ingin lebih banyak generasi muda yang turut berpartisipasi melestarikan budaya. Makanya kita ajak ikonnya juga bukan dari kalangan penari. Karena menari itu buat semua orang, bukan hanya yang berprofesi menari,” katanya.

Ufa Sofura kembali dipercaya oleh Indonesia Kaya untuk menjadi koreografer tarian, selain itu juga hadir Mikha Tambayong dan Giorgino Abraham menari bersama peserta di atas pentas. Sementara untuk konsep tarian, Ufa menjelaskan koreografi yang akan digunakan sangat sederhana, dengan tujuan agar masyarakat bisa ikut menari sekaligus belajar budaya Indonesia.

“Jadi tidak hanya untuk penari. Kita berharap semua generasi muda bisa ikut berpartisipasi dalam melestarikan budaya Indonesia secara modern,” kata dia.

Ufa mengaku sangat senang melihat antusias para peserta yang makin meningkat. Dirinya pun sempat terharu saat menari dan menghadap ke peserta.

Indonesia Menari 2019 dilaksanakan dengan konsep indoor yang tersebar di beberapa area mal di Jakarta, Bandung, Solo, dan Medan, serta konsep outdoor untuk Semarang dan Palembang. Selain itu, Indonesia Menari diramaikan dengan kehadiran pekerja seni yang akan turut menari bersama.

Para peserta Indonesia Menari pun berasal dari beragam usia dan mereka pun menari dengan gembira serta menunjukkan bahwa menari itu mudah.

“Keren banget karena tidak hanya senang-senang, tapi ada edukasinya juga dan visi untuk menyebarkan cinta budaya, cinta Indonesia ke masyarakat,” kata Ufa.