Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung program #PetualanganKuliner yang diluncurkan GoFood sebagai upaya mempromosikan kuliner indonesia. (Foto: Dok Kemenparekraf)
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung program #PetualanganKuliner yang diluncurkan GoFood sebagai upaya mempromosikan kuliner indonesia. (Foto: Dok Kemenparekraf)

Jakarta, MNEWS.co.id –  Memang ada banyak cara untuk mengenalkan kuliner Indonesia hingga ke mancanegara. Gojek Indonesia melalui Gofood Indonesia yang merupakan salah satu mitra co-branding Wonderful Indonesia bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meluncurkan ‘Petualangan Kuliner’. #PetualanganKuliner yang merupakan upaya mempromosikan kuliner Tanah Air ke masyarakat internasional.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I, Kemenparekraf Rizki Handayani Mustafa mengatakan, wisata belanja dan kuliner merupakan salah satu segmen wisata yang diminati wisatawan. “Maka, mampu memberikan kontribusi cukup besar terhadap perekonomian, terutama di masyarakat,” kata Rizki.

#PetualanganKuliner merupakan program yang dihadirkan oleh GoFood dengan berkolaborasi dengan dua orang food vlogger terkenal yaitu Carlos dan Magdalena. Akun YouTube Carlos yang diberi nama Nex Carlos memiliki 2,25 juta subscriber. Sedangkan akun YouTube Magdalena memiliki pengikut sebanyak 1,92 juta subscriber.

Keduanya akan membahas dan mempromosikan kuliner mitra GoFood satu bulan sekali di sembilan kota Tanah Air. Yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Bali dan Makassar.

Dalam program ini GoFood juga bekerja sama dengan Discovery Asia-Pasifik, di mana program #PetualanganKuliner nantinya juga akan ditayangkan di Discovery yang akan diluncurkan pada 29 November 2019.

“Secara proaktif, kami juga mendorong promosi kuliner Indonesia di pasar potensial misalkan dengan menghadirkan lima ikon kuliner versi Kemenparekraf, seperti soto, sate, rendang, nasi goreng, dan tumpeng di festival-festival kuliner mancanegara,” kata Rizki.

Chief Marketing Officer Gojek, Ainul Yaqin menjelaskan, sebagai pemimpin layanan pesan-antar makanan di Asia Tenggara, GoFood telah bermitra dengan lebih dari 500 ribu merchant kuliner Tanah Air. Di mana 96 persen di antaranya merupakan pelaku kuliner UMKM.

Mitra UMKM yang telah bergabung dengan GoFood sendiri, rata-rata mengalami peningkatan omzet 3,5 kali lipat. Kolaborasi ini semakin mengukuhkan komitmen GoFood terhadap mitra merchant UMKM untuk dapat memperluas akses terhadap pasar.

“Kami percaya, keunikan kuliner Indonesia merupakan salah satu daya tarik bagi wisatawan mancanegara. Apalagi, kuliner Indonesia juga sering masuk dalam daftar kuliner paling enak di dunia. Hal inilah yang membuat kami di GoFood senantiasa berinovasi untuk mempromosikan kuliner andalan mitra merchant melalui berbagai inisiatif,” kata Ainul.