Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melakukan penandatangan kerja sama dengan GoJek dan GoPay di Balai Kota Malang, Kamis (4/1/20). (Foto: dok. Humas Pemkot Malang)

Malang, MNEWS.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menjalin kerja sama dengan salah satu aplikasi online, yakni GoJek dan GoPay untuk mendongkrak perekonomian daerah. Nantinya, kerjasama yang terjalin tersebut akan mengangkat kearifan lokal yang dikolaborasikan dalam bentuk digital untuk mempercepat program smart city.

Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan seiring berkembangnya teknologi, kolaborasi dengan GoJek dan GoPay sebagai salah satu bentuk percepatan digitalisasi. “Mau nggak mau, sebagai pemerintah justru memberikan literasi masyarakat untuk mengikuti arus digital,” katanya.

Ia mengakui sengaja menggaet GoJek dan GoPay karena tuntutan zaman yang luar biasa. Gelombang informasi dan tuntutan kecepatan akses membuat pemerintah perlu memberikan literasi kepada masyarakat. Tak hanya literasi, pihaknya juga harus menyediakan fasilitas tersebut di lingkungan masyarakat.

Bentuk kerja sama tersebut tidak hanya menyasar UMKM yang di bawah naungan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang dan pariwisata yang berada di bawah naungan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang saja, namun akan melibatkan seluruh sektor.

“Sebelumnya, sudah menjalin kerjasama formal dengan Diskopindag. Nantinya, akan bekerjasama dengan berbagai sektor, tidak hanya satu instansi saja. Termasuk, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang masuk, karena orientasinya pada smart city,” ujar Sutiaji.

Sementara itu, Head Regional Public Policy and Government Relation East Java, Boy Arno Muhammad menambahkan, kerjasama tersebut dijalin sebagai salah bentuk stimulasi untuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Kami kuatkan kolaborasi untuk pemulihan ekonomi nasional dan daerah. Kami menyoroti sektor UMKM yang ada di Kota Malang sebagai salah satu stimulasi,” ungkap Boy.

Boy menjelaskan, konsep kerjasama yang dilakukan akan menggamdeng sejumlah dinas terkait, mulai dari Diskopindag, Disporapar hingga Bapenda Kota Malang. Utamanya, terkait peningkatan ekonomi para UMKM. Langkah ini akan dilaksanakan dengan menstimulasi ekonomi di Kota Malang.

Kerjasama dengan Diskoperindag Kota Malang lebih menitikberatkan pada UMKM melalui layanan GoFood. Pada bidang pariwisata dan budaya akan lebih banyak pada layanan GoTix khusus kegiatan tertentu. “Lalu dengan pembayaran pajak nanti dengan GoPay, GoBills kita bisa langsung ke sana. Teknisnya kita bagi-bagi ke situ setiap produk,” katanya.