Pemberian bantuan kepada sejumlah jurnalis terkena dampak COVID-19. (Foto: ANTARA)

Jakarta, MNEWS.co.id – Ketua Federasi Serikat Musisi Indonesia (FESMI), Candra Darusman, memberikan bantuan kepada para jurnalis terdampak corona atau covid-19. Bantuan tersebut diberikan FESMI kepada Komunitas Pewarta Hiburan Indonesia (KOPHI) yang merupakan bagian penting dari ekosistem musik di Indonesia.

“Pemberian ini sebuah ikhtiar dari kami untuk sama-sama membantu sebagian teman jurnalis yang sangat terkena dampak pandemi Covid-19 ini,” ungkapnya.

Candra mengatakan donasi yang diberikan oleh FESMI berasal dari berbagai sumber antara lain Komunitas Biduan, Konser Musik #dirumahaja Najwa Shihab Cs, dan Kitabisa.com. Pada tahap awal, pihaknya mengucurkan dana sebesar Rp 15 juta untuk 30 jurnalis terdampak. Musisi Kadri Mohammad yang juga salah satu anggota FESMI mengapresiasi KOPHI yang telah bersedia memfasilitasi proses bantuan ini.

“Untuk tahap awal, kami mendonasi dulu buat 30 jurnalis yang benar-benar terkena dampak dari pandemi ini. Insya Allah masih akan ada tahap berikutnya,” katanya.

Sementara itu, Ginting Bagaskara selakuHumas KOPHI mengucapkan terima kasih atas kepedulian para musisi kepada jurnalis. Ia menambahkan bahwa penerima donasi adalah jurnalis hiburan yang sudah tidak lagi menerima gaji dari perusahaan atau usaha pers yang dijalaninya.

“Di antaranya juga ada yang sekarang hanya terbaring akibat stroke maupun ada yang secara runtin menjalani cuci darah. Mereka ini ada yang tinggal di Jakarta, Semarang, dan Makassar. Untuk mereka-mereka ini kami akan salurkan pula bantuan dari FESMI ini,” kata Ginting.