.Feast Hadirkan Single Terbaru "Tarian Penghancur Raya"

Rasti R | 09 November 2019, 10:00 WIB

Jakarta,  MNEWS.co.id - Grup band .Feast merilis single baru berjudul "Tarian Penghancur Raya" ke hadapan para pendengar musik. Lagu ini dirilis pada Jumat (8/11/19) dan langsung menjadi trending topic d Twitter. Tentu saja, ada banyak hal menarik untuk dibahas bila menyimak lirik lagu dan visual single baru ini.

Single "Tarian Penghancur Raya" ini diambil dari album .Feast berjudul 'Membangun dan Menghancurkan', dengan Baskara Putra sebagai penulis liriknya. Dalam visual video official lirik yang dipublikasikan oleh Sun Eater ini menampilkan seorang penari. Menjelang akhir lagu, sang penari melepaskan mahkotanya dan mengambil masker karena ruangnya dipenuhi asap. Setelah mengambil kembali mahkotanya, barulah sang penari kembali melakukan ritual tariannya.

Lagu ini memiliki makna yang tersirat dalam visual itu adalah mengenai kritik .Feast terhadap kabut asap yang hampir melumpuhkan Riau dan Kalimantan beberapa waktu lalu. Namun tidak hanya itu, kritik yang dilancarkan .Feast juga mengkritik sikap penolakan salah satu ormas terhadap gelaran Festival Gandrung Sewu di Banyuwangi pada 2018 lalu.

Dalam teks yang tercantum dalam video, .Feast menuliskan: "Pada tahun 2018, Tari Gandrung dari Banyuwangi dipermasalahkan oleh beberapa kelompok masyarakat tertentu. Ia adalah satu dari sekian banyak warisan asli kebudayaan Indonesia yang terancam keberadaannya karena satu dan lain hal."

Melalui lirik tersebut, .Feast mencoba mengingatkan kembali bahwa tidak hanya lingkungan saja yang terancam eksistensinya, tetapi juga budaya lokal, seperti tari-tarian yang menjadi ciri khas nusantara. Secara musikal, komposisi aransemen yang mereka suguhkan ini cukup baru bila mencerna karya-karya terdahulu karena memasukkan unsur nuansa tradisional Jawa, yang ditambah dengan distorsi yang kadang muncul dalam beberapa bagian. Lagu bertempo pelan ini menjadi kian menyala karena disusupi dengan cara bernyanyi yang cepat dengan lirik yang padat.

.Feast adalah grup musik yang beranggotakan Baskara Putra, Adnan Satyanugraha Putra, Dicky Renanda Putra, Fadli Fikriawan Wibowo dan Adrianus Aristo Haryo. Sepanjang berkarier mereka sudah merilis dua album Multiverses (2017) dan Beberapa Orang Memaafkan (2018).

Tentang Penulis
Rasti R
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar