Entrepreneur Mindset, Prinsip Wajib Wirausaha Muda

Dewi Fadhilah Soemanagara | 30 Agustus 2018, 16:00 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id – Menjadi seorang entrepreneur tidak mudah, ada beberapa prasyarat yang harus dipenuhi. Di antaranya, entrepreneur haruslah berjiwa militan, tidak mudah menyerah.

Rasyid, Sekretaris BPD DKI Komunitas Sahabat UMKM membagi pengalamannya tentang entrepreneur mindset, sebuah pola pikir yang harus dimiliki oleh wirausaha muda. Berawal dari bangsawan (sebangsa karyawan), kini Rasyid telah menjalankan usahanya sendiri setelah sempat jatuh-bangun di awal kiprahnya sebagai wirausaha.

Rasyid, Sekretaris BPD DKI Komunitas Sahabat UMKM dalam acara Pelatihan Penumbuhan
Minat Kewirausahaan di Kalangan Pemuda “One Youth One Product” Batch 8,
di Gedung Teater Kemenpora, Senayan, Jakarta, pada Kamis, (30/8/18). Foto: (doc/MNEWS)

“Entrepreneur itu seseorang yang (harus) senantiasa berpikir kreatif, dan berperilaku inovatif. Berani mencoba, berani gagal, berani bangkit lagi. Jiwanya militan,” ujar Rasyid di acara Pelatihan Penumbuhan Minat Kewirausahaan di Kalangan Pemuda “One Youth One Product” Batch 8, di Gedung Teater Kemenpora, Senayan, Jakarta, pada Kamis, (30/8/18).

Rasyid menambahkan, jika telah memulai usaha dan sukses, jangan sampai ada kesombongan yang hinggap dalam diri. Ia mengatakan supaya tidak sombong, jadikanlah setiap orang yang ditemui dan tempat yang disinggahi adalah pembelajaran.

“Jadikan setiap orang yang kamu temui adalah guru, jadikan setiap tempat yang kau singgahi adalah sekolah. Kalau kita bersikap seperti murid, akan jauh dari sifat sombong,” pungkas pengusaha kaos berlabel “Gue Girang” ini.

Usai sesi perkenalan dengan 31 peserta pelatihan yang berasal dari luar Jakarta, Rasyid juga berpesan kepada para wirausaha muda untuk selalu berpikir positif. Menurutnya, kita harus berhati-hati dengan pikiran, karena itu adalah pusat dari segalanya. Apa yang kita pikirkan akan mengalir, dan terjadi dengan sendirinya.

“Dalam tubuh itu ada berbagai gelombang, eterik, astral, kausal, dan spiritual. Gelombang spiritual bisa kita perkuat, dengan berdoa, berniat yang baik, dan berprasangka yang baik. Biasakan selalu positif, biasakan selalu berdoa yang terbaik,” tandas Rasyid.

Sesi perkenalan peserta dalam acara Pelatihan Penumbuhan
Minat Kewirausahaan di Kalangan Pemuda “One Youth One Product” Batch 8,
di Gedung Teater Kemenpora, Senayan, Jakarta, pada Kamis, (30/8/18).

Biasanya, banyak wirausaha yang gagal karena beberapa faktor, di antaranya kurangnya pengetahuan dan sikap. Sedangkan kinerja 80 persennya didominasi oleh sikap. Rasyid juga menganjurkan para peserta untuk selalu membangkitkan semangat, salah satu caranya mengelilingi diri dengan lingkungan dan teman-teman yang bersemangat supaya ikut tertular semangatnya.

Dalam acara ini, ada berbagai sesi untuk pembekalan minat kewirausahaan bagi ratusan pemuda-pemudi yang datang dari seluruh Indonesia, baik yang sudah memiliki usahanya sendiri, maupun baru mau memulai usaha. Ada sharing tentang teknik menemukan ide usaha, pengenalan bakat, minat dan potensi diri dengan metode DISC, dan kisah sukses membangun bisnis yang inspiratif.

Tentang Penulis
Dewi Fadhilah Soemanagara
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar