Ilustrasi Penggunaan Masker. (Foto: Unsplash/Macau Photo Agency)
Ilustrasi Penggunaan Masker. (Foto: Unsplash/Macau Photo Agency)

Jakarta, MNEWS.co.id – Saat ini persediaan masker semakin langka karena fenomena panic buying yang disebabkan virus Corona, tidak hanya itu hal tersebut membuat produsen menjadi kewalahan.

Anggota Komisi VI DPR RI, Siti Mukaromah, mengusulkan agar pemerintah bekerja sama dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam penyediaan masker, untuk diberikan kepada masyarakat dalam mencegah penularan virus corona di Indonesia.

“Saya usulkan agar pemerintah menggandeng UMKM dalam menyediakan masker. Salah satu caranya yaitu dengan memanfaatkan kain jahit (kain perca) untuk membuat masker,” kata Siti.

Siti mengatakan pemerintah perlu bekerja sama dengan produsen masker untuk memberikan ilmu atau bahan tambahan ke UMKM, agar hasil karyanya dapat diakui serta berstandar SNI. Menurutnya, dengan memanfaatkan kain perca sebagai masker, maka harga masker (produsen pabrik) yang sedang melambung saat ini bisa dikendalikan karena stoknya masker dari UMKM dapat dijadikan alternatif untuk memenuhi permintaan publik.

“Stoknya harus mencukupi untuk mencegah permainan harga para spekulan,” ungkapnya.

Siti menambahkan pembelian masker dari UMKM oleh pemerintah dan dibagikan secara gratis ke masyarakat, juga perlu dilakukan pemerintah dalam melindungi warganya dari virus corona.

“Di saat mendesak seperti ini dan salah satu bentuk kesigapan dan tanggung jawab pemerintah, sah-sah saja pemerintah lakukan itu (beli masker UMKM lalu diberikan gratis ke rakyat). DPR ga masalah kok, ini untuk mengantisipasi penyebaran virus, melindungi masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan DPR RI khususnya Komisi IV mendukung setiap langkah pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona yang mematikan ini. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here