Disdagin Bandung Gandeng Ritel Hadirkan Pelatihan untuk UMKM

Rasti R | 12 Februari 2020, 11:38 WIB

Bandung, MNEWS.co.id - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung dan PT Indomarco Prismatama mengadakan pelatihan mengenai pengembangan produk untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Kegiatan ini digelar di Padepokan Seni Mayang Sunda, Selasa (11/2/20) dan menghadirkan 150 pelaku usaha.

Oded M Danial, selaku Wali Kota Bandung berharap melalui kerjasama tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga Bandung.

Acara ini membahas mengenai "Menumbuhkan Ekonomi Kerakyatan melalui Inovasi & Kreativitas UMKM", dengan tujuan agar para pengusaha pelaku usaha dapat memaksimalkan potensi dan bisa menjalin komunikasi dengan konsumen.

Oded mengatakan pelaku UMKM harus sabar dalam mengembangkan usahanya agar semakin tinggi. Pelaku UMKM perlu mengetahui potensi dan pemasaran dengan baik. Dia berharap hadirnya kegiatan tersebut bisa mendorong para pengusaha untuk lebih ulet dalam memajukan usahanya. 

"Oleh karena itu, dengan dibantu pemasaran produknya bisa dipasarkan di ritel-ritel seperti ini. Mudah-mudahan bisa berkembang," ujar dia.

Sementara itu, Eli Wasliah selaku kepala Disdagin mengatakan bahwa dalam pelatihan tersebut juga pelaku UMKM khususnya kuliner mendapatkan fasilitas berupa sertifikat halal. Menurutnya, masih banyak pelaku UMKM yang kesulitan mendapatkan sertifikat halal karena persyaratan yang harus dipenuhi.

Pemkot Bandung juga mendukung pengusaha ritel agar dapat memprioritaskan produk dalam negeri khususnya pelaku UMKM. 

"Ritel di Kota Bandung supaya memprioritaskan produk UMKM. Contohnya perusahaan ini (Indomaret) memasarkan produi UMKM di berbagai gerainya. Maka dalam kegiatan ini kita berikan arahan mulai dari kemasannya sampai bisa diekpsor," katanya.

Dedi Yusuf Apriadi, selaku Branch Manager PT Indomarco Prismatama cabang Bandung Dedi Yusuf Apriadi mengaku siap membantu para UMKM Kota Bandung dalam mengembangkan usahanya. 

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkat pengetahuan kepada para pengusaha terhadap pengolahan produk yang bermutu. Juga membantu program pemerintah agar mampu berdaya saing menghadapi pasar global," kata Dedi.

Tentang Penulis
Rasti R
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar