Ilustrasi desain menu makanan. (Foto: Gobiz)

Jakarta, MNEWS.co.id – Desain menu makanan merupakan salah satu hal penting dalam usaha kuliner. Bukan tanpa alasan, ini karena desain menu makanan dapat menarik perhatian pelanggan. Oleh karena itu, mendesain menu menjadi hal yang perlu dipikirkan secara matang dan maksimal.

Pastikan layout menu Anda adalah yang terbaik yang bisa mereka dapatkan dengan tips pro untuk merancang dan memproduksi menu untuk restoran, kafe, bar dan restoran kecil. Berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum Anda mulai membuat desain menu makanan yang dapat menggugah selera pelanggan dikutip dari Moka.

Sesuaikan desain menu makanan dengan tema restoran
Penting untuk menyediakan daftar menu makanan yang sesuai dengan tema restoran mereka. Desain menu makanan ini dapat dibuat dengan memperhatikan segi warna maupun aksen-aksen seperti interior yang menjadi ciri khas dari restoran tersebut. Selain menampilkan kesan profesional, desain menu makanan yang sesuai dengan tema restoran juga dapat menarik minat pengunjung untuk mengunggahnya ke media sosial. Alhasil, secara tidak langsung restoran akan mendapat keuntungan dari segi marketing.

Lengkapi dengan gambar representatif
Visual memang tidak pernah gagal untuk mencuri perhatian. Melengkapi desain menu restoran dengan gambar pendukung yang berkualitas dapat meningkatkan imajinasi pengunjung terhadap menu makanan dari sebuah restoran. Pastinya, gambar yang disertakan harus sesuai dengan hasil yang akan disajikan kepada pengunjung agar tidak mengecewakan. Pengambilan gambarnya pun perlu memperhatikan cahaya, penataan dan komposisi yang tepat dan menarik.

Sertakan detail informasi
Semakin lengkap sebuah desain buku menu makanan dibuat, maka semakin meningkat pula kepuasan pelanggan terhadap restoran. Detail informasi yang dimaksud disini bisa saja mencakup harga, nama menu, keterangan bahan baku utama dari menu tersebut, dan lain sebagainya. Tidak lupa, Anda juga bisa menyisipkan tanda khusus kepada menu-menu yang menjadi rekomendasi agar pengunjung tidak perlu berlama-lama dalam menentukan pilihan.

Atur tata letak menu agar menarik
Tips meningkatkan profit restoran dengan desain menu makanan lainnya adalah mengatur agar tata letak menu menjadi menarik untuk dilihat dan dibaca. Selain agar mudah dimengerti, tata letak desain menu restoran juga perlu mempertimbangkan estetika. Biarpun mengusung tema simple, apabila tata letaknya tepat maka akan tetap terlihat menarik dimata pengunjung.

Masukkan nama dan logo restoran
Satu lagi elemen penting yang tidak boleh tertinggal ketika membuat desain menu makanan untuk sebuah restoran. Apalagi kalau bukan nama dan logo restoran itu sendiri. Berfungsi sebagai identitas, penempatan nama desain logo restoran juga akan menambah kesan eksklusif yang dapat membawa kesan baik dari pengunjung.

Desain menu makanan merupakan salah satu hal yang penting dalam usaha kuliner, karena menjadi pertimbangan awal bagi calon pembeli sebelum memutuskan untuk mampir.