Jakarta, MNEWS.co.id – Dompet Digital Indonesia DANA terus mengupayakan untuk berinovasi membantu pelaku usaha dengan menghadirkan fitur User Rating Review. Fitur baru ini merupakan wujud komitmen DANA untuk membantu pelaku usaha meningkatkan kualitas produk dan pelayanannya, serta menjadi sarana interaksi pengguna dalam berbagi referensi dan dukungan terhadap pelaku usaha.
Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA mengungkapkan bahwa fitur ini berbasis user generated content (UCG) yang artinya seluruh konten akan dibuat oleh pengguna. Misalnya, pengguna bisa memberikan penilaian (rating), ulasan, hingga mengunggah foto pengalaman mereka berbelanja di merchant mitra DANA.
“Sejumlah studi telah menunjukkan bahwa adanya aplikasi maupun fitur berbasis UGC dapat meningkatkan penjualan serta menjadi sarana promosi yang hemat biaya dan efisien. Kami berharap, fitur User Rating Review efektif dalam membantu merchant-merchant DANA meningkatkan penjulaan serta kepuasan pelanggannnya,” katanya dilansir dari blog DANA.
Ia mengatakan faktor utama yang menyebabkan UCG menjadi alat promosi efisien, yaitu sifatnya yang autentik. Penilaian, ulasan, dan testimoni dari pengguna dipercaya sebagai opini yang lebih jujur dibandingkan konten perusahaan maupun pemilik brand.
“Konten UGC seperti ulasan maupun testimoni dari pengguna, baik itu positif maupun negatif, memiliki kekuatan yang lebih dalam memengaruhi keputusan orang untuk berbelanja ketimbang iklan maupun promosi yang dibuat oleh perusahaan. Bahkan, ulasan yang bersifat kritik pun dapat menjadi masukan yang berguna bagi pelaku usaha,” tambahnya.
Fitur User Rating Review juga bertujuan untuk meningkatkan keterikatan (engagement) antara merchant dengan pengguna DANA sebagai pelanggannya. Fitur ini diharapkan dapat membuat pengguna DANA merasa lebih terlibat karena dapat memberikan penilaian, masukan dan ulasan maupun membagikan pengalaman dan dukungannya terhadap merchant.
Pengguna DANA dapat mengakses fitur User Rating Review usai melakukan transaksi di merchant offline. Selepas 15 – 20 menit menyelesaikan transaksi, pengguna akan mendapatkan notifikasi untuk mengisi formulir ulasan. Fitur ini juga dapat digunakan apabila pengguna kembali menggunakan aplikasi DANA. Caranya, pengguna cukup masuk ke dalam halaman utama, lalu menuju fitur Nearby, dan menyentuh Detail Page untuk mengisi ulasan.
Jika formulir ulasan dalam Homepage dihilangkan, pengguna tetap bisa mengakses fitur ini sewaktu-waktu lewat fitur Nearby dan Detail Page. Pengguna dapat memberikan peringkat dan ulasannya maksimal tujuh hari setelah transaksi. Lewat dari waktu tersebut, pengguna harus melakukan transaksi terlebih dulu untuk memanfaatkan fitur ini.
Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan pengguna dengan fitur ini yaitu memberi penilaian bintang 1 – 5, menambahkan tagar positif, negatif dan kategori lain yang tersedia, menulis ulasan, mengunggah foto, serta membagikan ulasan maupun pengalamannya di Feed.