Ilustrasi Aplikasi Shopee (Foto: dok. Shopee)

Jakarta, MNEWS.co.id – Shopee terus berkomitmen dalam mendukung pelaku usaha di Indonesia melalui gerakan Shopee Bersama UMKM. Hal ini guna mendorong keberlangsungan bisnis UMKM binaannya melalui berbagai program lanjutan yang disinergikan dengan instansi pemerintahan.

Ratusan UMKM yang dibina oleh Bank Indonesia, berbagai Kementerian RI dan pihak instansi pemerintahan terkait, menyusul lebih dari 20.000 UMKM binaan Shopee yang telah berhasil ekspor ke Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto mengatakan, di tengah pandemi Covid-19, UMKM diharapkan mampu memainkan perannya sebagai penopang perekonomian bangsa, ikut serta menggerakkan ekonomi, dan menjaga daya beli masyarakat. UMKM harus bisa menangkap peluang ketika terjadi perubahan pola konsumsi masyarakat dengan adanya kebijakan pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Upaya yang dilakukan Shopee dalam mendorong UMKM Go Ekspor sejalan dengan komitmen Bank Indonesia dan Pemerintah. Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan Bank Indonesia akan terus bersinergi mendukung Pemerintah mendorong UMKM menembus pasar global melalui empat fokus utama.

“Pertama, sinergi diplomasi ekonomi, Kedua, memastikan ketersediaan dan kesesuaian produk UMKM dengan menjaga kontinuitas dan kualitas produk. Ketiga, mendorong kemudahan dalam regulasi. Keempat, melakukan digitalisasi pemasaran (marketing dan showcasing),” ungkapnya.

Harapan kedepannya, Shopee dapat turut selalu mendukung para UMKM di Indonesia untuk dapat secara efektif memperluas jangkauan bisnis ke kancah Asia tenggara secara online.”

Gerakan Shopee Bersama UMKM yang sejalan dengan komitmen dari gerakan #BanggaBuatanIndonesia, telah diimplementasikan melalui program pelatihan dan pendampingan yang selama ini dilakukan, khususnya selama masa pandemi berlangsung.

Didukung juga oleh program lanjutan yang disinergikan dengan beberapa instansi pemerintahan terkait. Pertama melalui kampanye Shopee  terus mendukung UMKM binaan dan pihak instansi pemerintahan, Shopee turut memberikan akses pemasaran UMKM di kampanye Global Deals yang akan berlangsung di aplikasi Shopee Malaysia dan Singapura hingga kampanye akhir tahun 2020.

Selanjutnya, Shopee berhasil mendukung ratusan UMKM yang telah dibina oleh beberapa instansi pemerintahan, seperti Kementerian Perindustrian RI, Bank Indonesia, Kementerian Perdagangan RI, dan Pemerintahan Daerah. Shopee mendukung lanjutan program pelatihan dan pendampingan online yang diikuti oleh program ekspor ke negara-negara tempat Shopee beroperasi, dimulai dari Malaysia, Singapura, dan Filipina. Diikuti oleh ratusan UMKM binaan lain yang sedang dalam masa inkubasi untuk ikut mengimplementasikan Program Ekspor melalui Shopee berikutnya.