Ilustrasi belanja online. (Foto: Shutterstock)

Jakarta, MNEWS.co.id – Momen promo tanggal kembar 10.10 menjadi hari promosi besar yang dinantikan oleh banyak orang. Terlebih bagi mereka yang gemar berbelanja secara daring atau online. Selain menawarkan banyak kemudahan, belanja online juga menawarkan beragam diskon atau promosi 10.10.

Harga diskon atau promo yang ditawarkan pun bisa jauh lebih murah dari harga jual biasanya. Hingga tak heran jika beberapa orang bisa kalap berbelanja. Namun, hati-hati terhadap perilaku belanja impulsif yang mungkin Anda alami ketika sedang berburu promo 10.10. Sebab, bisa jadi Anda malah menghabiskan uang untuk barang-barang yang tidak perlu.

Simak beberapa tips berikut ini supaya tidak kalap saat belanja di momen diskon online 10.10.

1. Jangan kalap belanja
Ketika dihadapkan dengan diskon melimpah, Anda tetap harus tenang dan mempertimbangkan, apakah barang yang ingin dibeli ini bisa bermanfaat? Atau justru malah menambah koleksi barang tidak terpakai di rumah? Lebih baik pikir ulang sebelum mengklik transaksi pembayaran. Cek betul barang apa yang paling dibutuhkan dan itulah yang menjadi prioritas.

2. Survei harga terbaik
Ada banyak promo dan diskon yang disajikan dari berbagai platform toko online dan e-commerce. Bandingkan harga dari satu tempat ke tempat lainnya bisa jadi cara agar tetap berhemat. Tapi ingat, jangan lupa cek review untuk menghindari kekecewaan.

3. Cek jam promosi
Terkadang suka ada flash sale di jam-jam tentu saat Harbolnas dari e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, JD.ID, BukaLapak, dan lainnya. Pastikan Anda menyimak jam-jam tertentu untuk mendapatkan diskon barang yang sudah diincar sejak lama.

4. Cek promosi barang sesuai kategori
Di e-commerce besar, ada berbagai kategori yang disediakan. Dari sini, Anda bisa memantau berbagai diskon sekaligus tetap bisa fokus pada kebutuhan saat ini. Contohnya ketika ingin belanja baju bayi, pastikan Anda memilih kategori yang sesuai saat berburu diskon.

5. Pertimbangkan kelebihan lainnya
Selain harga yang miring dan diskon yang tinggi, rasanya makin hemat dan menyenangkan untuk mendapatkan produk yang juga gratis ongkir. Ada juga promosi yang menghadirkan ‘buy 1 get 1 free’. Dengan segala kelebihan ini, Anda bisa mendapatkan barang idaman saat promo 10.10 dengan menghemat uang lebih.

Berbelanja online memang cepat, mudah, nyaman, dan sering menawarkan promo yang sangat menarik. Anda bisa menghindari perilaku belanja online yang impulsif dengan bersikap pragmatis dan membekali diri dengan strategi belanja.

Dengan demikian, belanja online tidak membuat Anda kalap, tetapi justru akan lebih hemat karena bisa membeli barang kebutuhan dengan harga yang lebih murah.