Ratu Tatu Chasanah, Bupati Kota Serang. (Foto: Suara.com)
Ratu Tatu Chasanah, Bupati Kota Serang. (Foto: Suara.com)

Serang, MNEWS.co.id – Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah meminta para pelaku Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mampu memasarkan produk lokal daerah. Ia berharap para pelaku UMKM mampu mengemas produknya yang menarik wisatawan.

Hal itu terungkap saat acara pelatihan kewirausahawan atas kerjasama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang dengan PT Indomarco Prismatama di gedung Kopri, Jalan Raya Sumur Pecung, Kota Serang, Kamis (5/3/20).

“Pada hari ini, kita menjawab persoalan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Serang, dengan kualitas produksi yang menjanjikan. Bahkan kita juga menjadikan pelatihan wirausaha dengan Indomaret suatu program berkesinabungan,” ujar Bupati saat sambutanya di acara pelatihan kewirausahaan.

Tatu juga menjelaskan, setelah mengikuti pelatihan wirausaha dengan Indomaret, para UMKM dibantu untuk memasarkan daganganya. Bahkan juga, diajarkan oleh Indomaret dalam membuat kemasan yang menarik.

“Saya kira, dengan kemasan semenarik mungkin. Akan mengundang para waralaba, untuk bisa membeli produk anda. Alhasil, UMKM di Kabupaten Serang tidak hanya bekerjasama dengan Indomaret. Tetapi waralaba lainnya, ikutserta. Seperti Hypermart, Giant maupun Alfamart,” ujarnya.

Mananger Mikro Ekonomi, PT Indomarco Primatama, Purwanto Wahyudin menambahkan, awalnya pelatihan UMKM inipun, kesepakatan bersama dengan Pemkah Serang, di aula Tb Suandi. Berjalannya waktu, kata dia, kesepakatan pun telah disetujui bersama, dengan membuat pelatihan wirausaha.

“Kita ingin membuat oleh-oleh Khas Kabupaten Serang, dan mengajarkan cara mengemas maupun membuat makanan ringan dari hasil tani. Maka itu, pelatihan wirausaha inipun, bukanlah sekedar main-main. Melainkan kerjasama untuk meningkatkan roda perekonomian di Kabupaten Serang,” ujar Purwanto.

Tak lupa, diakhir pembicaraannya. Purwanto juga mengingatkan, untuk menjadi UMKM yang baik, haruslah menaati peraturan pemerintah setempat.

“Seperti memiliki Birt, izin halal maupun kadaluarsanya. Peraturan pelebelan dari pemerintah dapat ditaati, karena ini menjadi hal wajib untuk menjual makanan,”ucapnya.

Diketahui, pada hari ini. Pemkab Serang bersama Indomart melatih sebanyak 356 peserta UMKM, yang sudah siap dipasarkan daganganya. Karena mereka, sudah lengkap persyaratanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here