UMKM Export BRILian Preneur 2019. (Foto: Yuni Astutik)
UMKM Export BRILian Preneur 2019. (Foto: Yuni Astutik)

Jakarta, MNEWS.co.id – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia untuk mampu menembus pasar global melalui gelaran acara UMKM Export BRILian Preneur 2019.

Wakil Direktur Utama Bank BRI, Catur Budi Harto, menyebutkan acara pameran dengan menampilkan hasil produk dari kurang lebih 155 UMKM binaan Bank BRI ini akan diselenggarakan mulai 20 hingga 22 Desember 2019 di Assembly Hall JCC, Jakarta.

“Ini merupakan respon Bank BRI terhadap arahan Presiden yang menginginkan terobosan dan inovasi terhadap upaya pemberdayaan UMKM di Indonesia,” ujarnya dalam Konferensi Pers di Kantor Pusat BRI, Jakarta, Rabu (18/12/19).

BRI akan mendorong UMKM untuk tembus pasar global dengan mempertemukan antara pengusaha UMKM dan 74 pembeli potensial dari luar negeri sehingga dapat meningkatkan kualitas usahanya.

Peningkatan kualitas UMKM diperoleh dari kegiatan temu bisnis, coaching clinic, dan seminar atau acara bincang yang akan diselenggarakan dalam pameran tersebut.

“Dalam talkshow itu, peserta bisa bertanya jawab dan berbagi terkait strategi pemasaran, branding, pengemasan, perizinan ekspor, dan perizinan sertifikasi halal,” ujarnya.

Catur menyebutkan sebanyak 74 pembeli potensial itu datang dari 16 negara yaitu Benua Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Asia, dan Australia sehingga diharapkan semakin membuka akses produk UMKM Indonesia ke mancanegara.

Direktur Consumer PT BRI Tbk, Handayani, mengatakan ada 155 UMKM dari total pendaftar sekitar 1.500 pelaku UMKM yang akan memamerkan empat jenis produk, yaitu makanan, fesyen, kerajinan, dan dekorasi rumah.

Handayani menjelaskan jika pemilihan 155 UMKM tersebut telah melalui beberapa kriteria, seperti produknya harus asli atau tidak mereplika model dan konsep dari merek ternama, ramah lingkungan, serta memiliki cerita tersendiri sehingga mudah diterima pembeli internasional.