Berdayakan 164 Mitra UMKM, Pertamina Produksi APD sampai Disinfektan. (Foto: Dok. Pertamina)

Jakarta, MNEWS.co.id –  PT Pertamina (Persero) memberdayakan 164 mitra binaan dan 420 UMKM Rumah Kreatif BUMN (RKB) di seluruh Indonesia untuk memproduksi berbagai kebutuhan penanganan COVID-19 yang akan disalurkan ke berbagai rumah sakit, puskesmas, posko Satgas COVID-19, serta masyarakat umum.

Fajriyah Usman, Vice President Corporate Communication Pertamina mengatakan, mitra binaan Pertamina telah memproduksi berbagai produk yang dibutuhkan dalam penanganan COVID-19 antara lain masker, APD/Hazmat, Hand Sanitizer, disinfektan dan wastafel portable.

Pertamina juga memberdayakan mitra binaan yang memproduksi kebutuhan logistik, makanan dan minuman, hingga produk herbal seperti jahe merah serta madu yang dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

“Pertamina ingin terus memberdayakan UMKM yang menjadi mitra binaan agar tetap produktif, juga sekaligus membantu kebutuhan tenaga medis dan masyarakat umum dalam menghadapi COVID-19. Jadi, ibarat peribahasa, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui,” katanya

Menurutnya, dari 164 mitra binaan tersebut hingga saat ini sebanyak 66 mitra binaan telah memasok berbagai bantuan Pertamina dengan nilai hampir Rp 1 miliar yakni Rp 955 juta. Bantuan tersebut telah disalurkan ke berbagai instansi dan stakeholder utama Pertamina.

“Pelaku UMKM menghadapi tantangan berat di tengah perlambatan ekonomi akibat COVID-19. Pertamina terus berupaya menjaga keberlangsungan hidup UMKM agar tetap survive menghadapi tantangan ini,” ungkapnya.

Fajriyah menambahkan UMKM fashion dan home decoration banyak berekspansi menjadi produsen masker, sementara UMKM produsen aksesoris berekspansi usaha menjadi produsen hand sanitizer. Begitu juga UMKM lainnya, terus beradaptasi dengan situasi COVID-19.

“Pertamina juga mengarahkan mitra binaan untuk mengoptimalkan penjualan online, seperti pemanfaatan marketplace maupun media sosial,” kata Fajriyah.