Bantu UMKM, BGR Logistics hadirkan Warung Pangan. (Foto: BGR Logistics)

Jakarta, MNEWS.co.id – PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics terus menggencarkan aplikasi Warung Pangan di Indonesia. Selain menggandeng BUMN klaster pangan sebagai suplier bahan pangan, BGR Logistics juga mengajak swasta dan koperasi memenuhi bahan pokok di warung.

Direktur Utama BGR Logistics M Kuncoro Wibowo mengatakan, program Warung Pangan mendapat dukungan penuh dari Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian BUMN, serta klaster BUMN pangan yang mana BGR Logistics tergabung di dalamnya.

Kuncoro berharap para pelaku UMKM atau pemilik usaha warung tergerak bergabung menjadi mitra Warung Pangan. “Hal itu akan ikut menyukseskan program yang telah dicanangkan pemerintah demi terwujudnya UMKM Go Digital dan ketahanan pangan di Indonesia,” katanya dikutip dari Antara.

Sementara itu, Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satria menyampaikan, efek pandemi mengakibatkan masyarakat tidak bisa beraktivitas seperti biasa. Kondisi tersebut membuat sektor UMKM juga terdampak cukup berat.

Eddy menilai krisis yang terjadi saat ini berbeda dengan krisis pada 1998 dan 2008. Pada saat itu pemulihan UMKM relatif cepat ke level empat persen hingga lima persen. “Begitu pula berbeda dengan krisis finansial di 2008, kita (UMKM) masih bisa sebagai penyangga perekonomian. Sekarang tidak mudah bagi UMKM di Indonesia,” ujar Eddy.

Oleh karena itu, pemerintah segera merelokasi anggaran dan mencanangkan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang mana fokus alokasinya untuk UMKM mulai terlihat efeknya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur, Mas Purnomo Hadi menyampaikan bahwa dengan sinergi program Warung Pangan untuk bangkitkan UMKM di Jawa Timur yang sejalan dengan semboyan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur yaitu Jawa Timur Bangkit akan sangat bagus untuk bersama-sama membukakan pasar untuk UMKM di Jawa Timur.

“Saya berharap Warung Pangan ini sangat mendukung produsen UMKM dalam ketersediaan pasar bagi mereka. Harapan ke depannya bersama-sama dengan Kementerian Koperasi & UKM serta BGR Logistics dengan Warung Pangannya dapat menggeliatkan kembali UMKM di Jawa Timur,” kata  Purnomo.