Ilustrasi makanan zat besi. (Foto: Pixabay)

Jakarta, MNEWS.co.id – Di masa pandemi ini meningkatkan kekebalan tubuh sangatlah penting. Terutama mengonsumsi makanan sehat yang mengandung zat baik bagi tubuh. Walau meningkatkan kekebalan tubuh bisa dengan suplemen vitamin, mengonsumsi makanan tinggi zat besi juga tak kalah baiknya.

Bahkan, dilansir dari News18, ada lima makanan tinggi zat besi yang bisa Anda konsumsi dari rumah. Berikut beberapa konsumsi makanan kaya zat besi untuk daya tahan tubuh:

1. Bayam
Bayam dianggap sebagai salah satu sumber zat besi terbaik untuk kekebalan tubuh. Selain zat besi, sayuran berdaun ini kaya akan kalsium, natrium, dan fosfor. Hal ini juga sangat membantu dalam meningkatkan hemoglobin dalam darah Anda.

2. Buah-buahan kering
Semua buah kering termasuk kismis, buah ara, sarat dengan zat besi dan bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk mengatasi kekurangan zat besi dalam tubuh Anda. Buah-buahan kering juga sangat membantu dalam meningkatkan jumlah sel darah.

3. Kacang-kacangan
Lentil atau kacang-kacangan sangat kaya akan zat besi. Secangkir lentil yang dimasak dapat menyediakan hingga enam miligram zat besi yang merupakan 37 persen dari total kebutuhan zat besi harian oleh tubuh.

4. Kedelai
Kedelai adalah sumber zat besi yang sangat kaya dan 100 gram kedelai mentah mengandung hingga 15,7 milgram. Memasukkan makanan berbahan dasar kedelai seperti tahu dalam makanan konsumsi sehari-hari. Ini bisa menjadi cara yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan zat besi tubuh.

5. Kentang
Sebuah kentang mentah mengandung 3,2 mg zat besi. Selain itu, kentang juga merupakan sumber serat, vitamin C, B6, dan potasium yang sangat baik.

Makanan kaya zat besi ini bagus dikonsumsi rutin selama masa pandemi Covid-19. Sifatnya menjaga imunitas sehingga tubuh lebih kuat dalam menghadapi ‘serangan’ virus.

Zat besi adalah mineral yang bertugas membentuk hemoglobin dalam sel darah merah. Hemoglobin sendiri punya peranan penting dalam membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Secara keseluruhan, zat besi diperlukan agar tubuh berfungsi maksimal. Beberapa fungsi penting zat besi adalah mengatasi anemia, mengurangi kelelahan yang penyebabnya tidak pasti, menjaga kesehatan otak, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.