Ilustrasi tanaman hias.(Foto: UNSPLASH/IVAN ZONG)

Jakarta, MNEWS.co.id – Menempatkan tanaman hias di dekat jendela bisa jadi cara mudah untuk mendekorasi ruangan. Tentu saja Anda harus memilih tanaman yang menyukai sinar matahari berlimpah.

Pasalnya tanaman yang tidak membutuhkan terlalu banyak sinar matahari bisa layu jika didekatkan dengan jendela atau sudut rumah yang terekspos cahaya matahari. Warna daunnya juga bisa berubah kecokelatan atau bahkan kering.

Ada beberapa jenis tanaman tahan panas dan menyukai sinar matahari yang bisa Anda pilih. Dilansir dari Merdeka, berikut beberapa di antaranya;

1. Palem Kuning

Palem kuning termasuk tanaman tangguh karena dapat hidup dalam berbagai kondisi. Palem kuning juga bermanfaat mengurangi polusi dalam ruangan. Perawatan palem pun cukup mudah, palem termasuk tanaman hias yang suka sinar matahari, jadi jika Anda menempatkan palem kuning pada pot, setiap pagi sebaiknya taruh ditempat yang terkena banyak sinar matahari.

Siram tanaman secukupnya menggunakan sprayer (semprotan), hindari air menggenang atau terlalu banyak terkena air agar tidak terjadi pembusukan akar. Pemupukan cukup dilakukan sebulan sekali.

2. Bunga Euphorbia

Bunga euphorbia jarang diletakkan dalam rumah, karena tanaman hias ini dapat tumbuh mencapai lebih dari 50 cm, selain itu batang bunga euphorbia berduri dan bergetah. Tanaman hias ini umum ditempatkan pada pot luar ruangan atau pekarangan.

Perawatan bunga euphoria terbilang mudah, bunga euphorbia cukup disiram seminggu sekali, dan tidak perlu disiram saat musim hujan, tujuannya agar tidak terjadi pembusukan akar dan perubahan warna pada daun. Bunga euphoria sangat suka matahari, dan mampu tumbuh cepat pada cuaca panas.

3. Lidah Mertua

Lidah mertua sangat mudah dibudidayakan dalam kondisi lingkungan yang kurang memadai. Jenis Sansevieria yang banyak dipelihara adalah Sansevieria Trifasciata. Lidah Mertua juga bermanfaat untuk banyak hal seperti membersihkan polusi, menghasilkan oksigen, melawan alergi.

Penyiraman pun cukup dilakukan 1 sampai 2 kali seminggu. Gunakan media tanam porous dan campuran seperti sekam bakar, pasir malang, sekam mentah, dan pupuk kendang. Pemupukan pun cukup dilakukan sebulan sekali.

4. Sukulen Tasbih

Jenis sukulen lain yang bisa ditanam di dekat jendela adalah sukulen tasbih atau String of Pearls. Tanaman ini termasuk jenis sukulen dengan batang panjang dan daun mirip butiran tasbih yang menjulur ke bawah.

Sukulen tasbih menyukai cahaya tidak langsung yang berlimpah, tanah berpasir, dan penyiraman sesekali. Tanaman ini juga sangat mudah dibiakkan dengan cara stek batang.

Kesalahan umum dalam merawat tanaman hias adalah tidak mengetahui kadar kebutuhan sinar matahari dari suatu tanaman. Sebagian tanaman tidak tahan dengan sinar matahari langsung sementara sebagian suka dengan sinar matahari yang banyak.