Cut Scene Viu Shorts! Foto. Viu.
Cut Scene Viu Shorts! Foto. Viu.

Jakarta, MNEWS.co.idViu, layanan streaming hiburan terkemuka, mengumumkan penayangan secara global 17 film pendek karya pelajar peserta program Viu Shorts! di 17 kota di Indonesia.

Menjadi komitmen Viu untuk menghadirkan hiburan lokal dengan kualitas produksi kelas dunia. Melalui kolaborasi Viu dengan BEKRAF, Institut Kesenian Jakarta, Badan Perfilman Indonesia, Komisi Film Daerah, pemerintah daerah ke 17 kota, sineas profesional, komunitas film lokal dan sekolah-sekolah menengah di 17 kota, Viu menunjukan investasinya di ekosistem industri kreatif Indonesia, dengan tujuan jangka panjang untuk terus menghasilkan dan membawa karya-karya lokal ke panggung global.

Indonesia dengan kekayaan warisan budaya memiliki jutaan cerita, mitos, dan kepercayaan lokal. Untuk itu, tahun ini, Viu Shorts! mengambil tema ‘Mitos’. Para pelajar di masing-masing kota berhasil menerjemahkan cerita-cerita mitos ini ke dalam bentuk karya film pendek dengan berbagai genre, horor, drama, drama romantis, sampai dengan drama komedi. Seluruh film pendek Viu Original ini akan ditayangkan di 17 negara di mana Viu berada, lengkap dengan teks terjemahan dalam bahasa Inggris, Cina, Vietnam, Burma, Thailand, Melayu, dan juga sulih suara dalam bahasa Arab.

Varun Mehta, Viu Country Head Indonesia, mengatakan pihaknya selalu percaya bahwa kreativitas anak-anak muda di Indonesia merupakan sumber daya yang luar biasa. Keyakinan tersebut semakin kuat setelah melakukan perjalanan mengadakan program Viu Shorts! di 17 kota di seluruh Indonesia. Ke-17 film pendek sebagai hasil dari program Viu Shorts! ini tidak hanya kental dengan kearifan lokal, namun berhasil diproduksi dengan daya tarik internasional.

“Menjadi komitmen kami untuk terus berkolaborasi dengan anak-anak bangsa dalam memproduksi konten-konten lokal yang siap bersaing di pasar dunia. Talenta yang ditunjukan para pelajar peserta program Viu Shorts! benar-benar membuat kami kagum, jauh di atas ekspektasi awal kami,” pungkas Varun dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.

Sementara itu, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF RI), Triawan Munaf, mengatakan industri kreatif adalah salah satu sektor dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. Sebagai bagian dari inisiatif Filmpreneur, sebuah inisiatif bersama BEKRAF-Viu yang ditandai dengan penandatangan nota kesepakatan pada Februari 2019 lalu, dengan bangga BEKRAF berkolaborasi dengan Viu Indonesia dalam program Viu Shorts!

“Sebuah program yang patut dirayakan sebagai bagian dari tonggak perjalanan berkembangnya industri ekonomi kreatif di Indonesia. Menjadi tugas kita bersama, para pelaku industri kreatif,  untuk mengisi kesenjangan keterampilan kreatif yang saat ini ada di Indonesia dan untuk memastikan bahwa generasi muda terinspirasi untuk terus menjadi bagian dari generasi kreatif masa depan Indonesia, ” ujar Triawan Munaf.

Satu orang pemenang dari program Viu Shorts! ini akan menerima beasiswa penuh dari Viu untuk menikmati pendidikan di program sarjana atau pascasarjana sinematografi di Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Dalam kesempatan yang sama satu orang pemenang tersebut juga akan mendapatkan pengalaman langsung di lapangan dengan bekerja secara profesional sebagai asisten Produser Eksekutif Viu Original Indonesia.

Program Viu Shorts! berlangsung sejak September 2018 hingga Maret 2019, di Cilegon, Purbalingga, Bojonegoro, Siak Indrapura, Kupang, Maumere, Tanjung Pinang, Batam, Labuan Bajo, Banyuwangi, Makassar, Manado, Padang, DI Aceh, Banjarmasin, Samarinda, dan Singkawang. Para pelajar peserta program Viu Shorts! menerima bimbingan langsung dari sineas profesional dari Viu, komunitas film, dan pengajar IKJ, di bawah komando Dirmawan Hatta, seorang sutradara film, sebagai kepala mentor, dan Edo Sitanggang sebagai produser, yang juga salah satu penggagas ide program Viu Shorts! ini.

Seluruh 17 film pendek Viu Shorts! akan tersedia secara eksklusif di aplikasi dan website Viu mulai 21 Mei 2019. Informasi lebih lanjut tentang Viu Shorts! silakan kunjungi www.viu.com dan akun sosial media Viu Indonesia di Facebook, TwitterInstagram, dan YouTube.